Breaking

Arsitek Asymptote Merancang Apartemen Setinggi 160 Meter di Abu Dhabi

Arsitek Hani Rashid dan Lise Anne Couture dari Asymptote merancang bangunan apartemen mewah 40 lantai di pantai AL Raha, Abu Dhabi, UEA.

Apabila dihitung dari menaranya, bangunan tersebut akan mencapai 160 meter dan akan menjadi bangunan tertinggi di Al Dana yang  sekaligus menjadi kawasan pengembangan bergengsi. Bangunan yang menjadi landmark ini, ke depan akan penting bagi pengembangan kawasan pantai Al Raha dan Abu Dhabi.

Sebagai karya arsitektural, hunian jangkung ini menghadirkan bentuk abstrak. Arsitek berupaya memadukan motif dan lansekap budaya lokal dengan bentuk dinamis pengaruh global. Dimana Arsitek Hani Rashid dan Lise Anne Couture  menggunakan dasar-dasar matematika untuk mencipta bentuk “puitis” yang memiliki hubungan secara tidak langsung mendukung percepatan pertumbuhan di UEA.

Bentuk inovatif dari bangunannya dibuat dengan menggunakan perangkat-perangkat dan teknik-teknik pemodelan parametrik canggih dari awal proses desain sampai ke tahap konstruksi. Desain bangunan muncul dari berbagai pengaruh dan faktor termasuk produksi dan pabrikasi yang lebih ekonomis. Apalagi pertimbangan khusus difokuskan pada pelestarian lingkungan.

Pemodelan komputer yang canggih digunakan untuk menghasilkan sistem louver cerdas yang unik untuk merespon lingkungan bangunan yang ditopang oleh sktruktur exoskeleton. Cadar-cadar dari exoskeleton berkilauan di seluruh menara yang berbentuk lengkung. Liukan bangunan ini dibentuk untuk merespon gurundan laut sekitar Abu Dhabi, yang merangkul dan merefleksikan perubahan cahaya dan atmosfer.

Menurut kedua arsiteknya, sebagai karya arsitektural, hunian tinggi ini menolak untuk yang secara teran-terangan bergantung pada satu maknaatau asosiasi. Sebaliknya, sifat matematika yang diterapkan. Tidak seperti desain yang berisi ornamental (arabesque) atau kaligrafi yang abstrak.Sebagai hunian bertingkat tinggi, keberadaanya menyuguhkan makna dan tampil anggun.

Tentang Asymptote: Hani Rashid + Lise Anne Couture
Hani Rashid dan Lise Anne Couture sebagai leader dari biro arsitek ini telah melahirkan karya-karya inovatif dan secara akademik telah mendapat pengakuan internasional. Sejak berdiri pada tahun 1989, Asymptote telah berada di lini depan inovasi teknologi di bidang arsitektur dan desain. Karya-karyanya mendapat pujian baik untuk desain bangunan visioner, master plans, interior-interior inovatif, seni instalasi, virtual reality environments, dan desain objek.

Tambahan lagi, saat ini Azzano-San Paolo Master Plan Asymptote bekerja pada berbagai komisi di situs di Amerika Serikat, Eropa dan Asia termasuk the World Business Center Solomon di Busan Korea Selatan, gedung pencakar langit yang akan menjadi salah satu tertinggi di Asia dengan tinggi 560 meter. Bangunan perumahan mewah di New York, USA yang hampir selesai. Dua paviliun seni kontemporer yang ditugaskan oleh The   Guggenheim   Foundation   for   the   Cultural   District   of   Saadiyat   Island di Abu Dhabi, dan Yas Hotel sebuah hotel mewah yang terintegrasi dengan sirkuit balap mobil Formula 1 di Abu Dhabi yang sudah dibuka pada tahun 2009.

Pada tahun 2000 Hani Rashid mewakili Amerika Serikat pada Biennale Arsitektur di Venice. Kemudian pada tahun 2004 Hani Rashid dan Lise Anne Couturedianugerahi penghargaan Frederick Kiesler untuk arsitektur dan seni sebagai pengakuan atas kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan dan penggabungan bidang dan disiplin ilmu seni dan arsitektur.

Arsitek: Asymptote Architecture /  website : www.asymptote.net  / Principal Architect:Hani Rashid dan Lise Anne Couture / Images: Doc. Asymptote Architecture

Leave a comment

Your email address will not be published.


*