Breaking

Cantiknya Rumah Origami di Lahan Berkontur: Tampil Modern, Clear dan Simpel


Rumah ini boleh dikatakan lahir dari pemahaman origami dalam khazanah arsitektur. Sebuah rumah tinggal yang tercipta dari kreasi permainan massa, penambahan ataupun pengurangan kulit massa, dan tekukan-tekukan.

Di sini arsitek mendapatkan kesempatan untuk mengkreasikan bentuk massa dan kulit rumah modern. Rumah seluas 400m² di atas lahan sudut berkontur seluas 1000m²,hadir sebagai “akhir/ending” dari barisan rumah-rumah yang sejajar dengan rumah tersebut. Rumah tampil dalam ekspresi arsitektur yang berbeda dengan sudut berkontur.

Atap bentuk “kupu-kupu” menjadi salah satu daya tarik rumah origami.

Atap bentuk “kupu-kupu” menjadi salah satu daya tarik rumah origami.

Hasil rancangan arsitek Arch Dipl Ing Cosmas D Gozali IAI, berawal dari keinginan pemilik rumah yang mendambakan hunian bertema modern, clear dan simple dengan efek luas. Khususnya fungsi ruang yang praktis serta mudah dicapai. Lansekap yang luas termasuk salah satu yang tetap dipertahankan karena kecintaan owner dalam berkebun dan menanam pepohonan serta buah-buahan di sekitar rumah.

Ruang-ruang ditata dengan menerapkan konsep architectural promenade, dimana ruang secara hirarki mengalir bergerak ke arah atas hingga puncaknya di kamar tidur utama.

Berdasarkan kebutuhan owner, penataan ruang-ruangnya menerapkan konsep architectural promenade.Dimana ruang secara hirarki mengalir bergerak ke arah atas hingga puncaknya di kamar tidur utama. Dengan gaya arsitektur modern, rumah origami memiliki permainan komposisi garis, bidang dan massa yang sangat menarik. Permainan komposisi tersebut tidak hanya terasa pada eksterior rumah tetapi juga pada interiornya, seperti permainan level lantai, mezzanine, dan split level.

Pengolahan tapak dengan sudut berkontur mengekspresikan arsitektur yang berbeda.

Pengolahan tapak dengan sudut berkontur mengekspresikan arsitektur yang berbeda.

Meskipun tampak bangunan tidak simetri namun tetap terlihat keseimbangan antara garis dan bidang yang dominan berwarna putih. Didukung pula beberapa permainan warna-warna kontras yang juga menjadi ciri khas arsitektur modern. Untuk memberikan aksen di tengah permainan garis dan bidang maka atapnya dirancang berbentuk “kupu-kupu. ” Atap ini masih selaras dengan komposisi bangunan bahkan memberikan keunikan sendiri di antara bangunan-bangunan lainnya.

Pengalaman ruang yang dinamis membuat rumah tidak hanya berhasil secara fungsional tetapi juga menghadirkan ruang-ruang yang unik, nyaman, dan tidak membosankan.

Daya tarik

Kelebihan rumah ini ada pada kekompakan komposisi ruang yang sangat efisien dan sudut pandang yang luas yang dapat dihadirkan hampir ke segala arah, sehingga ruang memiliki efek luas tidak dalam arti sebenarnya (m²) namun dalam hal penglihatannya (visual).Beberapa aspek yang menonjol misalnya atap bangunan yang berbentuk “kupu-kupu”, permainan bentuk massa, tekukan-tekukan dan pengupasan fasade bangunan yang menarik.

Ruang foyer ditembus cahaya alami dari skylight maupun dari jendela di sekitarnya.

Ruang foyer ditembus cahaya alami dari skylight maupun dari jendela di sekitarnya.

Penataan ruang-ruang dalamnya pun demikian. Ruang keluarga dan ruang makan dibuat saling berhubungan dengan pond, pantry, dapur, hall kamar tidur anak. Juga tangga utama, tidak dibatasi dengan sesuatu yang masif tetapi hanya dibedakan dengan permainan split level serta bukaan kaca. Demikian pula dengan tangga utamanya, dibuat tidak masif agar ruang keluarga terasa lebih luas dan bersih.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*