Breaking

Cantiknya Rumah Origami di Lahan Berkontur: Tampil Modern, Clear dan Simpel

Pemilihan & Aplikasi Material

Sistem konstruksi yang diterapkan pada rumah ini menggunakan sistem beton bertulang seperti umumnya rumah tinggal biasa. Untuk beberapa detail, seperti tangga, atap dan skylight menggunakan sistem konstruksi baja. Sedangkan untuk material, digunakan granit pada ruang keluarga dan ruang makan, unsur kayu yang memberikan kehangatan dalam rumah, kusen aluminium pada bukaan-bukaan, serta pada beberapa bagian rumah menggunakan material metal zincalumn, seperti untuk bahan penutup sebagian dinding, atap, dan plafond atap.

Bukaan skylight minimalkan pencahayaan buatan. Desain bidang-bidang dinding  membuat interior kamar dinamis.

Bukaan skylight minimalkan pencahayaan buatan. Desain bidang-bidang dinding membuat interior kamar dinamis.

Kombinasi tangga baja dengan penutup pijakan tangga dari kayu juga menjadi perpaduan yang menarik dan tetap terkesan homy pada rumah ini. Penggunaan cahaya alami menjadi pertimbangan utama arsitek dalam mendesain rumah yang terlihat jelas di beberapa ruang dengan permainan bukaan, skylight, maupun void, seperti pada ruang foyer yang ditembus oleh cahaya alami dari skylight maupun dari jendela di sekitarnya.

Pond dapat dinikmati baik dari dalam maupun luar yang seolah-olah menyatu dengan interior.

Pond dapat dinikmati baik dari dalam maupun luar yang seolah-olah menyatu dengan interior.

Dengan adanya void, split level, mezzanine dan perencanaan bukaan-bukaan sedemikian rupa, maka akan terjadi efek tembus pandang secara horizontal maupun vertikal yang akan memberikan kesan luas yang berguna untuk sirkulasi udara juga membawa suasana ruang luar menuju ruang dalam.

Kombinasi tangga baja dengan anak-anak tangga dari kayu cantik buat rumah berkesan homy.

Kombinasi tangga baja dengan anak-anak tangga dari kayu cantik buat rumah berkesan homy.

Rumah Origami Lokasi: Bandung, Jawa Barat Arsitek: PT Arya Cipta Graha (Atelier Cosmas Gozali) Principal Architect: Arch Dipl Ing Cosmas D Gozali IAI Luas Lahan: 1.000m² Luas Bangunan: 400m² Foto: Atelier Cosmas Gozali

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*