Breaking

Cara Perluas ruangan Apartemen dengan Partisi Lipat

Ruang apartemen yang kecil dapat tampil lebih luas apabila dinding-dindingnya dirancang dapat dibuka-tutup sesuai kebutuhan. Di apartemen ini, partisi sebagai penyekat antar ruang dapat difungsikan dengan baik.

Semula berawal dari klien yang ingin memperbesar apartemen dua kamar tidurnya. Untuk mewujudkannya, ia membeli satu unit apartemen di gedung yang sama, dimana unit yang dibeli posisinya ada di samping.

Pada unit apartemen ini, ruang keluarga dan dapur terbuka ke arah balkon. Pemilik ingin ruang keluarga kedua ini dapat diubah menjadi kamar tidur tamu yang dilengkapi sejumlah rak, lemari kaca, dan lemari pakaian untuk menyimpan dan memamerkan benda-benda pribadi.

Untuk memberikan kesan luas, arsitek membuat partisi untuk memisahkan fungsi-fungsi ruang. Dan untuk mendapatkan bukaan yang lega, partisi ini mudah dilipat dan menyatu dengan interior karena difinishing warna putih.

Partisi lipat ini fleksibel.  Bisa  digunakan saat hendak menyekat ruang. Misalnya, pintu lipat yang diletakkan antara ruang tamu, area pantry dan ruang makan. Saat ada tamu berkunjung, pintu lipat bisa digunakan untuk menutup area privasi.

Selain berfungsi sebagai penyekat ruangan, partisi juga dapat difungsikan sebagai rak buku. Buku-buku ditata di bagian depan ruang tamu. Rak warna coklat menjadi kontras di ruangan yang terang. Di ruang  tamu yang menghadap ke balkon. Kaca partisi yang bisa digeser dapat dibuka-tutup sesuai keperluan.

 

Sedangkan di bagian belakang rak buku ada kamar mandi. Area kamar mandi juga menjadi sehat karena hanya dipartisi rak buku. Buku-buku juga dapat dijangkau dengan mudah ketika ingin dibaca baik di kamar mandi maupun di ruang tidur tamu.

 

Menjadikan rak buku sebagai partisi kamar mandi dengan ruang tidur tamu merupakan gagasan yang unik. Ya, selain menghemat tempat, kehadiran rak cukup efektif dan efisien untuk menyimpan barang-barang pribadi pemilik.

 

Nama : DG 2 / Lokasi : Lisbon, Portugal / Luas area : 271m2 / Luas bangunan : 127m2 / Selesai dibangun : 2014 / Arsitek : CAMARIM Arquitectos  / website : www.camarim.pt/en Arsitek : Vasco Correia, Patricia Sousa / Berkolaborasi: Tiago Garrido / Foto : Nelson Garrido

Leave a comment

Your email address will not be published.


*