Breaking

Flexhouse Rumah Keluarga Eksklusif di Tepi Danau Zurich Switzerland

35_Flexhouse_Ground Floor_Living room

Dengan dinding kaca yang lebar dan eksterior seperti pita putih yang mengalir mengitari gedung, rumah yang ada di Danau Zurich ini terasa sangat ringan dan gesit dalam tampilannya.Memiliki kesamaan dengan kapal futuristik yang telah berlayar dari danau dan menemukan tempat berlabuhnya secara natural.

1_Flexhouse_External

Dinamakan Flexhouse dan selesai pada Maret 2016 oleh arsitek Swiss dari Evolution Design, 4 lantai, rumah 173 meter persegi ini memiliki denah terbuka untuk ruang utama, makan, dan dapur di lantai dasar, 2 tempat tidur dan kamar mandi di lantai pertama, sebuah studio dengan 2 teras besar di lantai kedua, dan lantai basement dengan garasi bawah tanah dan ruang peralatan. Tetapi dengan eksterior yang mantap dan pemandangan 180 derajat yang mempesona melewati Danau Zurich sampai ke pegunungan dan lebih jauh lagi menangkap imajinasi.

14_Flexhouse_External

Architecture in motion

Flexhouse rumah keluarga eksklusif di tepi danau Zurich Switzerlanddimulai ketika executive director Evolution Design, Stefan Camenzind, menemukan blok tanah yang kosong. Denahnya memang dekat Danau Zurich dengan situs sangat menantang, segitiga dalam bentuk, sempit dan diapit oleh rel dan jalan. Camenzid, tentunya, menemukan potensi dalam lokasi tersebut.

2_Flexhouse_External

‘Itu adalah bidang tanah yang tidak tetap; sering sekali berpindah. Tanah tersebut ada di ujung sebuah desa dimana perumahan bertemu dengan pedesaan. Jalur kereta di belakang bidang tersebut adalah batas yang dinamis nan tenang, dan di depan rumah dimana ada akses lokal dengan jalan dan danaunya. Kami ingin membangun bangunan yang mencerminkan semua pergerakan tersebut,’ kata dia.

12_Flexhouse_External

Regulasi bangunan di Swiss sangat ketat dan bangunan di blok ini sangat menantang. Camenzind menjelaskan: ‘Ada peraturan ketat di sekitar jarak batas dengan volume bangunan, yang berarti itu sangat susah untuk berkreasi di Swiss. Tetapi kami bersikeras untuk membangun sesuatu yang berbalasan dengan situsnya daripada hanya seperti kotak yang ditaruh di bidang tanah tersebut.’

13_Flexhouse_External

Flexhouse itu rumah bukan rumah box. Desainnya mempunyai fitur floor plan yang dirancang dengan bentuk yang luas sampai sempit untuk mengikuti bentuk dari bidang tanah. Bagian luar yang mencolok menyelimuti bangunan, mengarahkan mata untuk melihat terus ke atas: rumah ini tidak akan terasa kaku atau diam, ada elemen yang selalu mengarahkan mata sepanjang ruang dan pandangan-pandangan selanjutnya.

18_Flexhouse_Ground Floor_Kitchen

‘Kita telah memberikan ruang tersebut arah pandang. Ketika anda melakukan perjalanan dalam mobil maupun kereta, anda akan melihat dengan sudut pandang tertentu dan rumah ini juga seperti itu. Dari lantai dasar akan mengarah ke tenggara, dari kamar tidur akan mengarak ke barat di mana matahari tenggelam. Dan dari teras lantai atas ada sudut pandang seluas 180 derajat,’ kata Camenzind

20_Flexhouse_Ground Floor_Kitchen

Inside out

Aliran desain berlanjut ke dalam.Denah rumah terbuka, menghadirkan pemandangan yang tiadaputusnya dan penyinaran yang natural, yang mengalir melalui ruangan tersebut sepanjang hari. Di lantai dasar, ruang tamu luas bertransisi ke ruang makan dan dapur bergaya loteng. Daripada lantai individual yang tertutup, desain ini menginkorporasikan ruang terbuka 2 lantai yang membisakan kita dapat melihat sekilas kamar tidur di atas maupun ke ruang tamu di bawah. Dengan dinding kaca di tiga sisi-sisi rumah menghilangkan batas diantara luar dan dalam. ‘Menghubungkan dalam dan luar itu sangat penting untuk saya sebagai arsitek,’ kata Camenzind.

21_Flexhouse_Ground Floor_Kitchen

‘Saya ingin orang mengetahui dimana mereka ketika mereka di dalam gedung.’ Studio di lantai atas dengan pemandangan yang panoramis dan 2 atap teras adalah hasil dari aliran mulus diantara dalam dan luar. Rumah ini juga memiliki sudut-sudut yang teduh. ‘Di situ selalu ada sudut-sudut belakang, yang membantu memberikan perasaan nyaman,’ kata Camenzind. ‘Dan anda bisa menutup blindnya untuk menciptakan sudut yang damai dan privat.’

22_Flexhouse_Ground Floor_Dining area _ Kitchen

Keputusan dalam praktik

Flexhouse rumah keluarga eksklusif di tepi danau Zurich Switzerland, ini walaupun modelnya elok parasnya, rumah ini telah didesain untuk kehidupan sehari-hari dan praktis, dan elemen ekologisnya telah terintegrasi dengan desain. Dinding belakang ruang tamu berfungsi sebagai ruang penyimpanan dan pamer; Dapur juga memiliki dinding yang sama dan di kamar, dindingnya berfungsi sebagai sebuah pelindung, untuk membedakan kamar mandi dengan ruang tidur.

23_Flexhouse_Ground Floor_Kitchen

Secara ekologis, rumah ini memenuhi standar Minergie Swiss dengan fitur termasuk lantai konkrit dengan pemanas thermal yang terhubung dengan pompa geothermal untuk meningkatkan temperatur rumah pada musim dingin dan menjadi pendingin di musim panas. Kaca di muka bangunan berlapis tiga dan memiliki blinds eksternal untuk pengaturan yang optimalterhadap penerimaan panas dari matahari. Dengan itu, Flexhouse dengan caranya yang inovatif dan ekologis menambahkan sentuhan arsitektural yang tidak biasa terhadap Danau Zurich yang fotogametris dan memberikan pemandangan menyolok yang spesial.

10_Flexhouse_External

Client: Kate Molesworth and Stefan Camenzind Location: Zurich, Switzerland Timeline: Autumn 2014 completion March 2016 Size: building plot 467 m2, living area 173 m2, building volume 934 m3 Photography: Peter Wuermli Furniture: Wohnbedarf: www.wohnbedarf.ch Home decor: www.pfister.ch and privat collection Architecture and Design: Evolution Design, smart solutions for smart clients.  e-mail: pr@evolution-design.info, www.evolution-design.info Design team: Stefan Camenzind, Marco Noch, Patrick Uihlein, Mark Pinter, Silke Ebner, Vanessa Riecke.

24_Flexhouse_Ground Floor_Kitchen

25_Flexhouse_Ground Floor_Dining area _ Kitchen

27_Flexhouse_Ground Floor_Dining area _ Kitchen

28_Flexhouse_Ground Floor_Dining area _ Kitchen

36_Flexhouse_Ground Floor_Living room

33_Flexhouse_Ground Floor_Living room

34_Flexhouse_Ground Floor_Living room

37_Flexhouse_Ground Floor_Dining area _ Living room

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*