Breaking

Harmoni Trik Spasial Di Resto Spejle

Resto ini mengusung tiga misi yakni untuk sarapan pagi, makan siang dan untuk minum di malam hari. Trik spasial yang bervariasi mendukung banyak pengalaman bersantap dan terasa alami.

Tantangan pertama bagi arsitek ketika memenangkan kompetisi desain ini seperti akan memecahkan sebuah  permainan puzzle. Sebab ruang yang sebelumnya tidak dimaksudkan untuk restoran harus didesain untuk restoran. Apalagi  resto ini mengusung tiga misi, yakni untuk sarapan pagi, makan siang dan bahkan untuk minum di malam hari.

Selain itu, hidangan yang ditawarkan pun akan beragam, disajikan seperti “pinxtos” dari negara Basque, namun dengan sentuhan bergaya lokal dan segar. Belum lagi, tampilannya harus sederhana, dan let the food do the show.

Ketertarikan pemberi tugas kepada arsitek karena berhasil merancang trik spasial, yang memungkinkan pekerja untuk terhubung ke dapur di ruang besmen dan menyajikan parade makanan lengkap di bar sepanjang 15 meter.

Tantangan kedua adalah untuk mengikuti kecepatan yang dipegang klien. Baik itu jumlah minuman gin dan tonic  (G&T)  yang dikonsumsi atau kecepatan proses penyajiannya. Apalagi klien juga memiliki bar koktail terbaik di pusat kota Praha.

Tantangan ketiga adalah terciptanya ruang yang tidak membebani, terasa alami dan cukup bervariasi untuk mendukung banyak pengalaman bersantap. Usulan aslinya jauh lebih ringan namun tidak akan bekerja dengan baik di malam hari. Setelah meneliti banyak pinxtos ternama lainnya di Barcelona, tim arsitek memutuskan untuk membuka skema ruang yang lebih gelap.

Resto ini memiliki tiga ruang yang berbeda sesuai dengan tiga konsep resto yang dibedakan dengan sedikit perubahan pada perabot yang dipakai. Di bagian  “Front” diperuntukkan bagi hidangan cepat saji dimana pengunjung hanya untuk berdiri, “Middle” lebih serius dengan kursi berlapis kain.

Dan  “Terrace” di bagian belakang yang lebih menyenangkan. Meja diletakkan di bawah pepohonan dan rantai bola lampu. Sebagai tambahan, ada dua meja informal di “Terrace” di bawah dinding hijau di atrium.

Secara keseluruhan konsep resto sederhana. Tidak ada menu, semua makanan dipamerkan dan disiapkan baru. Pelayan ada di sana untuk mengurus para tamu, jadi mereka tidak perlu khawatir dengan hal lain. Tata cahaya dan pendingin ruang dikontrol secara otomatis.


Lokasi: Špejle, Praha / Proyek tahun:  2015-2016 / Selesai : 10/2016 / Area : 280m2 / Arsitek: COLL COLL (Cyril Pavlů, Krištof Hanzlík, Kateřina Vondrová, Marek Fischer) /:  http://www.collcoll.cc / Foto :  Jakub Skokan, Martin Tůma / BoysPlayNice  /  www.boysplaynice.com

Bekerja sama dengan: / Konstruksi  ČEIS  www.interierova.cz / Lighting: LEDOS www.ledos.cz Autonomous enviromental control : Sysloop www.sysloop.com

Products:chair No. 150 by TON / Lighting HOLO: Artemide / Basin: LAVABO BASALTO NERO Mini and Ovale / hexagonal tiles Rewind / Ragno

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*