Breaking

Hunian Roofscape Garden Mengombinasi Indoor-outdoor dan Interior-eksterior

housing complex panorama-02

13 hunian ini berkonsep roofscape garden mengombinasi ‘indoor-outdoor,’ dan ‘interior-eksterior.’  Menghilangkan batas dari situs dengan bangunan dan lansekap dengan bangunan untuk mencapai bentuk harmonis.

1F Garden-03

The Gate Hills adalah komunitas 13 rumah berpagar dengan pemandangan mengagumkan berlansekap alam Gunung Bukak di Seongbuk-dong, Seoul. Lereng alami area hunian dipakai untuk menghadirkan taman privat outdoor roof yang menyuguhkan pemandangan yang tidak terhalangi.

1F Garden-04

Hunian ini dirancang mengombinasi konsep ‘roofscape,”borrowed views,”indoor-outdoor,‘ dan ‘interior-exterior.’ Rumah-rumah didesain seperti mereka dikeluarkan dari tanah beserta dinding penahan selatan.

1F Garden-05

Konsep menghilangkan batas dari situs dengan bangunan dan lansekap dengan bangunan untuk mencapai bentuk harmonis yang diekspresikan dengan memperpanjang bagian eksterior ke dalam bangunan dan menjadi interior dan sebaliknya.

2F Garden-07

Material batu di taman teras menjadi media pemilik untuk merasakan aliran kontinuitas dari ruang eksterior ke ruang interior yang berlanjut ke ruang tamu, kamar tidur utama dan ke teras taman outdoor lantai dua.

housing complex panorama(2,9dong)

Fitur desain interior tambahan termasuk pengaplikasian warna dan tekstur alam, memakai material seperti batu alam, kayu, dan warna hijau dan warna-warna pohon.

Roofscape(12,11,10dong)

Roofscape. Atap hijau tidak hanya berkelanjutan tetapi juga sebagai alat istirahat visual untuk mengintegrasikan hunian ke lereng bukit. Atap di masing-masing rumah ditamani dengan pola berbaris dari 4 garis kurvalinier yang jika dilihat dari taman nasional di seberang lembah bersatu membentuk komposisi dramatis yang berubah warna sesuai dengan musim.

(Main)1F Garden

Motif atap secara keseluruhan dikomposisikan terdiri dari grup-grup yang masing masing berkoresponden pada salah satu musim.Tiap garis ditanami dengan spesies spesifik dari sedum secara teratur untuk perubahan warna yang dramatis yang berkomplemen dengan warna yang sesuai dengan lansekap musiman.

Basement

Area besmen

View Pinjaman. ”Proyek kami memperbaharui prinsip dari “View Pinjaman.” Teknik kuno yang dipraktikkan oleh tukang kebun di Asia untuk mengomposisi lansekap yang menyatukan taman privat di bagian depan dengan fitur natural di kejauhan. Dalam versi abad ke-21 kami, menggabungkan rumah-rumah di Seongbukdong bisa berbagi area hijau secara visual tanpa mengganggu privasi domestik,” demikian dipaparkan aristeknya.

Kamar mandi utama

Kamar mandi utama

Aransemen teratur bergiliran yang terdiri dari tempat tinggal berbentuk L memastikan setiap unit menikmati open view lembah hutan selatan yang tak terhalangi, yang dibingkai di bagian depan oleh atap hijau rumah tetangga. Dengan tambahan setiap rumah memiliki view bagian belakang dan taman samping milik tetangga, secara visual memperluas properti setiap unit.

Area dapur

Area dapur dan ruang makan indoor dan outdoor

Indoor-Outdoor. Lansekap mengalir dari ruang publik ke ruang privat. Masing-masing 4 tipe unit disusun dari 2 teras. Ruang outdoor yang secara spasial dan visual terhubung pada setiap rumah tinggal dengan taman hijau.

Ruang keluarga

Ruang keluarga

Di lantai utama, potongan dari lantai terrazo mengalirkan nuansa hijau dari teras bawah ke tangga interior top-lit dramatis yang menghubungkan ruang keluarga dan ruang makan dengan teras sekunder yang barbagi dangan kamar tidur di atas.

Ruang keluarga

Ruang keluarga

Ruangan Outdoor. Di Seongbukdong, lanskap tidak hanya menangkap pemandangan tapi juga membentuk kehidupan sehari-hari yang terdiri dari ruangan outdoor untuk makan, dan bersantai di setiap ruang tinggal.

Ruang multi fungsi

Ruang multi fungsi

Kamar tidur

Kamar tidur

Arsitek Taeman Kim

Arsitek Taeman Kim (HAEAHN)

Architects/HAEAHN Architecture+ Joel Sanders Architect, Taeman Kim (HAEAHN) + Joel Sanders (JSA)/Architect/ HAEAHN Architecture/Website:http://www.haeahn.com/index.do/Design Architect: Taeman Kim /Project Team/ Chanjae Oh, Manchul Jung, kwangnam Cha, Seunghwan Lee, Jihyun Kim, Changki Min, Soohyun Lee, Sukhee Ahn, Suna Kim/Associate Architect: Joel Sanders Architect/Design Architect: Joel Sanders

Occupancy/Detached House/Location 330-84 Sungbuk-dong, Sungbuk-gu, Seoul, Korea/Site Area 8,093.00㎡/Total Floor Area 6,616.89㎡/Scale 2F / B1 /Number of Units 13/Structure reinforced concrete construction/Design 2007/Completion 2010/Client: Zion holdings/ConstructorLIG

Awards/2011 International Architecture Awards for The Best New Global Design/2010 Korea Architecture Award Merit Award/2008 AIA NY Design Awards Project Merit Award

Leave a comment

Your email address will not be published.


*