Breaking

Hunian Simpel Modern Tropis

Kepekaan mengelola seluruh potensi alam sekitar, menjadi kunci keberhasilan Aryawan Handoko, Principal Architect dari TAG architecture & Interior, dalam mendesain hunian yang nyaman, aman dan asri. Betapa tidak? Di atas area yang tak begitu luas, ia dapat mencipta sebuah hunian tropikal modern dengan latar belakang hamparan padang golf nan hijau.

Hunian simpel modern tropis

Tentu saja, hunian simpel modern tropis tersebut tidak lahir tiba-tiba, melainkan melalui sebuah proses pematangan ide dan konsep yang panjang. Ary demikian panggilan akrabnya, membutuhkan waktu sekitar dua setengah bulan untuk menemukan rancangan rumah tinggal yang pas dan sepadan bagi pemilik rumah ini.

Hunian simpel modern tropis

Seperti yang ia ceritakan, setelah memahami keinginan dan kebutuhan pemilik rumah, serta melihat situasi lingkungan setempat, akhirnya ia memutuskan untuk mendesain rumah tropikal modern. Di atas kavling ukuran 15x20m², yang berlokasi di kawasan Golf Estate, Bogor, Ary merancang hunian dua tingkat, yang dilengkapi dengan besmen dan bangunan atticdi atap. Secara keseluruhan luas bangunan mencapai 350m².

Hunian simpel modern tropis

Hunian simpel modern tropis ini tuturnya, selain sedang tren, desain rumah tropikal sesuai dengan keadaan musim di Indonesia, yakni musim panas dan hujan. Dalam aplikasi, ia lebih menekankan pada bentuk-bentuk bangunan yang simpel. Dan, rumah tetap nyaman dan aman untuk ditinggali, baik musim panas atau hujan.

Hunian ini lebih menekankan pada keseimbangan antara bangunan dan lingkungan sekitar, sehingga rumah menyatu dengan alam. Tata ruang yang terbuka dan kehadiran tanaman hijau mendapat porsi yang dominan.

Lebih jauh tentang desain hunian simpel modern tropis yang dibuatnya, ayah seorang putri ini memaparkan, konsep hunian tropis lebih menekankan pada keseimbangan antara bangunan dan lingkungan sekitar, sehingga rumah dapat menyatu dengan alam. Begitu pula dengan tata ruang yang terbuka serta kehadiran tanaman hijau, mendapat porsi yang dominan. Material yang dipilih juga lebih akrab dengan alam. Ia banyak menghadirkan batu-batu alam di dinding, kaca, dan pelapis lantai parket. Perpaduan bahan bangunan seperti itu membuat ruangan tampak lebih alami.

Hunian simpel modern tropis

Apalagi, Bogor sebagai Kota Hujan memiliki curah hujan relatif tinggi dibanding daerah lain, maka desain bangunan atap haruslah model yang dapat mengalirkan air dengan cepat. Wilayah ini, juga memiliki angka kelembaban tinggi, jamur mudah tumbuh dimana-mana dan kayu cepat menjadi lapuk. Untuk mengatasi hal itu, ia merancang ruang dengan plafon tinggi dan banyak bukaan, agar semua tempat mendapatkan akses sinar matahari dari berbagai arah dan sirkulasi udara yang baik.

Hunian simpel modern tropis

Bagai Sebuah Resort

Boleh dibilang, hunian simpel modern tropis ini tak ubahnya sebuah resort. Lihat saja, bangunan nan apik begitu menyatu dengan alam sekitar. Berbagai tanaman hijau yang tumbuh di sekitar rumah, menjadi bingkai vegetasi yang indah. Suasana tenang dan dingin begitu terasa. Alunan merdu kicauan burung kutilang yang hinggap di dahan terdengar nyaring di gazebo yang ada teras rumah. Menikmati keindahan alam sekitar dan lebatnya pepohonan yang berada di sekitar rumah, tak ubahnya bagai berada di sebuah resort di tepi hutan.

Hunian simpel modern tropis

Memang, teras bergazebo ini difungsikan sebagai ruang tamu. Dari teras menuju ruang utama ada foyer sebagai ruang peralihan, sebelum masuk ke ruang utama. Lay out ruang lantai satu dibuat sangat mencair. Tak ada sekat yang membentengi antar ruang. Ruang keluarga, ruang makan, dan pantry berada pada satu area yang lapang. Tak heran, jika aktivitas di tiga ruangan ini dapat dilakukan secara simultan. Hanya kamar tidur tamu dan kamar mandi yang dibatasi dinding masif.

Hunian simpel modern tropis

Hunian simpel modern tropis ini memakai perabot yang ringan dan kombinasi warna-warna soft monokromatik, mulai dari lantai, dinding hingga plafon membawa pada suasana tenang dan homy. Kehadiran dinding kaca bening di sepanjang area lantai dasar membuat ruang tampak lebih lapang, dan pemandangan ke arah luar menjadi semakin lepas, seakan tiada batas. View taman dapat dinikmati secara penuh di ruang makan, ruang tamu, dan ruang keluarga.

Hunian simpel modern tropis

Meski bangunan banyak menggunakan material kaca transparan, toh aktivitas penghuni di dalam hunian simpel modern tropis ini masih tetap terjaga privacy-nya dan tidak dapat dilihat dari luar. “Ya, kami membuat pagar dua lapis dari bahan galvanis tahan karat setinggi 2,4 m, yang diisi batu split, di sepanjang area belakang dan samping rumah,”ujar Ary. Sebelum menapaki tangga linear yang menjadi penghubung ke lantai dua. Tak ada salahnya, melihat terlebih dahulu lantai besmen. Ruang berukuran 3,5x12m² ini ditata dengan nyaman. Di sini ada dua kamar pembantu, kamar mandi, gudang, servis area, dapur basah, ruang makan & ruang duduk / TV dan ruang untuk mekanikal elektrikal.

Alunan merdu kicauan burung kutilang yang hinggap di dahan terdengar nyaring di gazebo teras rumah. Indahnya alam sekitar dan lebatnya pepohonan yang berada di sekitar, tak ubahnya bagai berada di sebuah resort di tepi hutan.

 Hunian simpel modern tropis ini penataan ruang di lantai duanya tidak jauh beda dengan lantai dasar. Konsep terbuka dan simpel sangat terasa. Pemilihan perabot build in yang ringan berpadu apik dengan tatanan interior lain yang ada. Dinding kaca bening dan granite tile 1x1m warna lembut membuat suasana ruang tampak lega.

Hunian simpel modern tropis

Pembagian ruang di lantai atas meliputi kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi kering, kamar tidur anak, kamar mandi, ruang belajar, ruang kerja, ruang keluarga, dan balkon.Jika di lantai dasar memiliki view taman, di lantai dua hadir nuansa lapangan golf yang tak kalah indah, dengan barisan pepohonan besar dan kecil. Hamparan padang golf nan asri ini hadir penuh di setiap ruang. Baik di kamar tidur utama, kamar anak, dan ruang lain.

Hunian simpel modern tropis

Untuk menikmati pemandangan indah dan sekaligus merasakan sejuknya udara Kota Hujan, penghuni dapat duduk santai di balkon. Bangunan outdoor ini menggunakan kayu bangkirai asal kalimantan yang tahan terhadap cuaca panas, hujan, dan anti rayap. Balkon tersebut dapat dicapai dari banyak cara, salah satunya melalui jembatan yang melintas di atas void yang menghubungkan antara kamar utama dengan balkon.

Hunian simpel modern tropis

Arsitek juga merealisasikan keinginan owner yang memiliki hobi mengoleksi senjata. Sebuah bangunan attic di atap berfungsi untuk menyimpan benda-benda klangenan tersebut. Ruang berukuran 3x7m² itu dapat dicapai dari lantai dua dengan menggunakan tangga lipat yang dapat tersembunyi rata dengan plafond.

Hunian simpel modern tropis

Klien:  Keluarga Ibu Rosita Lokasi: Bogor, Jawa Barat Arsitek:TAG architecture & interior Principal Architect: Aryawan Handoko Luas Tanah: 300m²Luas Bangunan: 350m² Jumlah Lantai: 2 lantai Foto: www.danielfotografi.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*