Breaking

Ini Dia Para Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara


Setelah sukses menyelenggarakan sayembara arsitektur bertemakan Desain Rumah Hijau pada tahun 2012, PT Propan Raya bekerjasama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) dan INIAS Resources Center kembali mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2013 yang bertema “Desain Rumah Budaya Nusantara”

Direktur Marketing PT Propan Raya Yuwono Imanto menambahkan, kepeloporan arsitektur nusantara yang telah ditunjukkan oleh Yori Antar dan beberapa arsitek lain sangat menggugah PT Propan Raya untuk mendukung terwujudnya misi mereka. “Kami mencoba melakukan usaha nyata dalam rangka menjaga kelestarian Arsitektur Nusantara, mengkinikannya, dan mengangkatnya untuk dapat menginspirasi dunia,”jelas Yuwono.

Yori Antar sedang menjelaskan mengapa Wae Rebo. Mbaru Niang adalah rumah adat yang berada di Flores. Rumah adat Mbaru Niang sangat unik berbentuk kerucut dan memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Rumah adat Mbaru niang ini sangat langka karena hanya tinggal beberapa dan hanya terdapat di kampung adat Wae Rebo yang terpencil di atas pegunungan.

Yori Antar (no 1 dari kanan) sedang menjelaskan mengapa Wae Rebo. Mbaru Niang adalah rumah adat yang berada di Flores. Rumah adat Mbaru Niang sangat unik berbentuk kerucut dan memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Rumah adat Mbaru niang ini sangat langka karena hanya tinggal beberapa dan hanya terdapat di kampung adat Wae Rebo yang terpencil di atas pegunungan.

Sebuah kepedulian lain yang juga cukup menyentuh adalah jangan sampai arsitek Indonesia didahului oleh seorang arsitek luar negeri dalam menciptakan karya desain arsitektur berkelas dunia.“Jangan sampai inspirasi desain arsitektur nusantara seperti Sumba, Toraja, Minang, dan lainnya dipakai bangsa lain, sementara para arsitek Indonesia sendiri kurang peduli, bahkan membiarkan bangunan nusantara punah pelan–pelan karena kurangnya perhatian atas kelestarian dan pemeliharan bangunan nusantara,” papar Yuwono.

Yori Antar, Principal Architect Han Awal & Partners Architects-Ketua Dewan Juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara sedang membacakan pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2013.

Yori Antar, Principal Architect Han Awal & Partners Architects-Ketua Dewan Juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara sedang membacakan pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2013.

“Kita harus kembali menemukan arsitektur kita sendiri sebelum semua pusaka kita punah,” jelas Yori Antar. Ia juga memaparkan Mbaru Niang adalah rumah adat yang berada di Flores. Rumah adat Mbaru Niang sangat unik berbentuk kerucut dan memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Rumah adat Mbaru niang ini sangat langka karena hanya tinggal beberapa dan hanya terdapat di kampung adat Wae Rebo yang terpencil di atas pegunungan. Usaha untuk mengkonservasi Mbaru Niang telahmendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dari UNESCO Asia-Pasifik 2012 dan menjadi salah satu kandidat peraih Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 2013.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi yang tinggi terhadap acara peluncuran Sayembara Desain Arsitektur Nusantara sebagai upaya untuk melestarikan arsitektur nusantara. Hal ini diungkapkan dalam sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

3

Inagurasi pemenang Sayembara Arsitektur Nusantara 2013 dilakukan pada Malam Arsitektur Nusantara 2 di JCC, Jakarta pada 8 Agustus 2014. Pemenang Sayembara Arsitektur Nusantara 2013 di bagi tiga kategori, yakni 3 pemenang utama dengan masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 15 juta, 3 pemenang harapan dengan masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 10 juta, dan 1 pemenang versi facebook.

Prof.Dr.Ir.Josef Prijotomo,M.Arch-Guru Besar Arsitektur Nusantara ITS, kedua dari kiri berfoto bersama ketiga pemenang utama.

Prof.Dr.Ir.Josef Prijotomo,M.Arch-Guru Besar Arsitektur Nusantara ITS, ketiga dari kiri berfoto bersama ketiga pemenang utama.

3 pemenang utama yakni Raynaldo Theodore (UNPAR, Bandung berjudul BARUGA TAMBI), Titus Pandu Wismahaksi (ATMA JAYA Jogja berjudul RUMAH BUDAYA OMAH GUNUNGAN), Tobias Kea Suksmalana (UGM, Jogja berjudul MENITIS TAZO).

Dari kiri: 3 pemenang utama (Raynaldo Theodore UNPAR, Bandung)  Arsitek Popo Danes, (Titus Pandu Wismahaksi ATMA JAYA Jogja)  dan (Tobias Kea Suksmalana UGM, Jogja).

Dari kiri: 3 pemenang utama (Raynaldo Theodore UNPAR, Bandung), (Arsitek Popo Danes, Dewan Juri, kedua dari kiri), (Titus Pandu Wismahaksi ATMA JAYA Jogja) dan (Tobias Kea Suksmalana
UGM, Jogja).

3 pemenang harapan yakni (Khairul Umam, UNLAM, Banjarmasin, berjudul RUMAH BUDAYA TELUK SELONG), (Sofian Deo Ananto, ITS, Surabaya, berjudul BALI NOT FOR SALE, dan Akbar Hantar Rochmadhon, UNS, Solo. Sedangkan pemenang versi social media facebook diraih oleh Carrisa Dinar A dari ITS, Surabaya, berjudul RUMAH BUDAYA LONTIK RIAU.

Dari kiri: Naning S. Adiningsih Adiwoso BID HDII, Core Founder Green Building Council Indonesia (GBCI), dan 3 pemenang harapan (Akbar Hantar Rochmadhon, UNS, Solo), (Khairul Umam, UNLAM, Banjarmasin), dan (Sofian Deo Ananto, ITS, Surabaya)

Dari kiri: Naning S. Adiningsih Adiwoso BID HDII, Core Founder Green Building Council Indonesia (GBCI), dan 3 pemenang harapan (Akbar Hantar Rochmadhon, UNS, Solo), (Khairul Umam, UNLAM, Banjarmasin), dan (Sofian Deo Ananto, ITS, Surabaya)

Pada malam itu, selain memberikan penganugrahan pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2013 dan Peluncuran Buku 35 karya pilihan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara dengan judul “ Explorasi Desain Arsitektur Nusantara “ dimana salah satu editornya adalah guru besar Arsitektur Nusantara, Prof. Dr. Ir. Josef. Prijotomo, M.Arch, serta peluncuran Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2, bertema “Desain Desa Wisata Nusantara Hijau”, sebuah tema yang diselaraskan dengan salah satu program yang dicanangkan di Kementrian Parekraf yaitu mengembangkan desa-desa wisata di berbagai kawasan potensial di Indonesia.Photos/Daniel

1 Comment on Ini Dia Para Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara

  1. winardi winujaya // December 7, 2014 at 1:49 pm // Reply

    Selamat untuk putraku Raynaldo Theodore,yang telah memenangkan juara utama di perlombaan yang diselenggarakan,oleh PT propan,sukses yah Ray,papa bangga sekali sama Ray dan terima kasih saya secara pribadi mengucapkan kepada PT Propan<< salam dari papamu : Ir Winardi winujaya

Leave a comment

Your email address will not be published.


*