Breaking

Inovasi di Resto Olivo

Resto Olivo tampil dengan wajah baru. Semenjak dibuka 25 tahun yang lampau, akhir tahun 2016 lalu resto ini tampil dengan desain baru. Arsitek yang sama yakni Peirluigi Piu melalui desainnya ini terus memberitahu kepada para pelanggan tentang Sardinia, sebuah narasi mengenai properti rumah pemilik di pulau, dimana sebelumnya ia mulai usaha sejenis di beberapa tempat.

Kesan mengenai Sardinia dimunculkan melalui relief batu alam di dinding yang mengacu pada teknik tenun kuno bernama pibiònes, tekstur berbutir yang merupakan ciri khas pulau itu.

Bagian depan resto merefleksikan desain tradisi London Victorian dengan finishing “segar” dengan pilihan warna serasi. Dinding masif yang sebelumnya berada di lobi pintu masuk yang menghadap ke jalan, kini diganti dengan kaca tinggi. Kehadiran kaca membuat bukaan visual dan luasnya lebih besar dibandingkan ruang sebelumnya.

Bagian akhir pintu masuk restoran merupakan akses tangga menuju ke lantai atas. Restoran di lantai atas diperuntukkan bagi pengunjung yang menginginkan privasi. Ruang di lantai ini dirancang dalam dua pilihan yakni terbuka dan tertutup. Panel tinggi dari kayu ek yang divernis coklat tua mengarahkan pengunjung menuju ruang makan utama.

Yang menonjol dari ruangan ini adalah dinding lebar “permadani” terbuat dari batu alam yang dipahat halus oleh master seni LITHEA sesuai desain arsitek. Desain ini  terinspirasi oleh kain khas Sardinia di mana pola hias, di antaranya burung Lapwing yang dianggap sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran. Desain burung ini merupakan salah satu yang berulang, yang ditingkatkan oleh semacam biji-biji gandum (pibiònes) yang berurutan yang diperkuat benang.

Di sisi kanan merupakan ruang resepsionis, terdiri dari konter yang difinishing warna coklat tua. Di bagian depan adalah area meja makan, di antara ruang makan di depan dan belakang merupakan akses ke tangga yang menuju ke dapur yang terletak di besmen.

Berlawanan dengan akses ke ruang makan bagian dalam adalah batu kedua “permadani” yang menutupi dinding menampilkan pola baru berdasarkan ikonografi burung Lapwing. Di sisi kanan ada pintu tinggi dari kayu ek yang difinishing coklat tua yang memberikan akses ke toilet, di mana panel pintu cermin dari kabinet lemari memberikan ilusi ruang yang lebih dalam.

Lokasi: Restoran Olivo, London / Selesai dibangun : akhir 2016 / Interior desain : Pierluigi Piu Architetto / website : www.pierluigipiu.it / info@pierluigipiu.it / Foto : Doc. Pierluigi Piu

Leave a comment

Your email address will not be published.


*