Breaking

Jalan Tol Solo-Kertosono Dikerjakan Juni – Desember 2015

Foto: Doc. bisnis.tempo.com

Jalan Tol Solo-Kertosono dikerjakan Juni – Desember 2015. Dua paket proyek jalan tol yang pendanaannya berasal dari APBN P 2015-2017 adalah: Jalan Tol Solo Kertosono Single Year Paket 1 F sepanjang 1,5 km. Proyek yang dikerjakan selama 6 bulan ini (Juni-Desember 2015) terdiri dari; pekerjaan tanah 200.000 m3, pekerjaan overpass 1 unit, dan box culvert 1 unit.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menjadi kontraktor pelaksana dari 2 paket pekerjaan jalan tol yang merupakan bagian dari Proyek Tol Solo-Kertosono dengan total nilai kontrak Rp625 miliar

Selain itu, WIKA Konsorsium juga mendapatkan paket Jalan Tol Solo – Kertosono Multiyears Contract yang berlokasi di Kartosuro – Ngawi dan direncanakan selesai dalam kurun waktu 3 tahun ke depan. Pada proyek sepanjang 20 km ini, WIKA sebagai leader konsorsium dengan share pekerjaan 38% sedangkan sisanya dimiliki BUMN kontraktor lainnya dengan kepemilikan masing-masing 31%. Lingkup pekerjaan konsorsium terdiri dari pekerjaan tanah dan struktur.

Jalan Tol Solo-Kertosono dikerjakan Juni – Desember 2015, terbagi menjadi ruas Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono dan melintasi wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen di Jateng. Sedangkan di Jatim, lokasi pembangunan tol penghubung Jateng-Jatim tersebut membentang sepanjang Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Ngawi. Dengan adanya tol ini, waktu tempuh Solo-Ngawi-Kertosono dapat diringkas hanya dalam 2,5 jam yang semula ditempuh selama 6 jam.

Dengan adanya tambahan dua paket pekerjaan jalan tol tersebut, maka kontrak baru hingga pekan-I Juli 2015 mencapai Rp10,59 triliun atau 33,47% dari target kontrak baru 2015 sebesar Rp31,64 triliun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*