Breaking

Kampus FPT University Akan Menjadi Ikon Baru Ho Chi Minh City

Kampus baru FPT University Ho Chi Minch City menjadi ikon baru kota berkelanjutan dan sekaligus menjadi tempat bersosialisasi yang atraktif. Dirancang menuju keharmonisan antara manusia dan alam. Bangunan ini akan membantu memulihkan tanaman hijau yang pernah berkembang di negeri ini dan menumbuhkan generasi baru pemikir.

Bangunannya menampilkan berbagai ruang hijau yang mempromosikan mahasiswa dan staf untuk berinteraksi dalam suasana yang menyegarkan.  Seperti atap tertutup pohon, balkon dan halaman yang dipenuhi tanaman. Pembangunannya sudah dilakukan pada 13 Juni 2016 yang ditandai dengan peletakan batu di lokasi proyek.

Bangunan kampus menyerupai bentuk gunung yang dibangun oleh lantai hijau anggun yang berpadu dengan pemandangan alam. Menciptakan transisi yang cantik antara ketinggian lantai yang berbeda, didukung sebuah halaman nan luas di pusat bangunan, yang akan berkembang menjadi sebuah taman kota eksklusif untuk mahasiswa dan staf.

Elemen hijau membentang dari ruang tengah ini untuk sumur sirkulasi, balkon, trotoar dan teras-teras di lantai atap bangunan. Mengikuti bentuk gunung bergelombang hadir taman semi-outdoor yang memungkinkan sirkulasi udara dan pandangan yang tak terbatas untuk halaman dalam maupun kota di luar. Secara intensif menggunakan vegetasi akan mengurangi jejak karbon kampus dari AC, sambil memberikan keteduhan tambahan dan kualitas udara yang lebih baik untuk daerah sekitarnya.

Keberadaan kampus baru selain memberi variasi lingkungan kampus juga menambah variasi lansekap perkotaan,  dimana lansekap yang ada sekarang dianggap datar dan didominasi oleh bangunan vertikal. Desain baru membaurkan batas-batas antara beton dan hijau tanaman, memadukan bangunan dan alam.

Kota, terutama di negara-negara berkembang seperti Vietnam, mengalami pertumbuhan yang cepat namun tidak diimbangi  infrastruktur yang memadai. Akibatnya tingginya stres terhadap lingkungan, meningkatnya polusi, peningkatan suhu, dan berkuranganya ruang hijau kota. Kota Ho Chi Minh  hanya memiliki 0,25% dari seluruh kota yang tertutup tanaman hijau. Metropolis yang luas ini memiliki pemandangan yang didominasi bangunan vertikal.

Ikut berpartisipasi mengatasi masalah kota, FPT University muncul sebagai gunung hutan bergelombang yang tumbuh keluar dari kota beton dan batu bata. Bangunan lebih hijau yang diharapkan dapat menangkal stres lingkungan dan menghadirkan kota dengan ikon baru yang keberlanjutan.

Untuk menampung sirkulasi 5.000 mahasiswa pada satu waktu dalam plot yang terbatas, maka diciptakan ruang hijau yang didedikasikan untuk sirkulasi dan gathering. Di lantai dasar, halaman besar berisi pohon-pohon tinggi, kolam, dan ruang berlimpah untuk kuliah, acara, pertukaran, atau makan siang. Dari sini, taman semi-outdoor terukir melalui bangunan dan menghubungkan fungsi masing-masing dengan tanaman hijau.

Jalur ini terus ke atap, menutupinya dengan vegetasi dan menciptakan lebih banyak kesempatan untuk mengumpulkan dan mengamati pemandangan yang subur. Selain itu, fasad bangunan ditutupi oleh pohon-pohon yang membersihkan udara dan mengurangi konsumsi energi sehingga menciptakan keteduhan. Kombinasi perangkat hijau menciptakan koneksi dengan alam yang bisa dirasakan di mana saja di dalam gedung.

Architect Firm: Vo Trong Nghia Architects / website: https://votrongnghia.com/ Principal architects: Vo Trong Nghia, Kosuke Nishijima, Hidetoshi Sawa, Tran Thi Hang. / Architects: Nguyen Tat Dat, Tran Cam Linh, Takahito Yamada, Nguyen Duy Phuoc / Status: Under construction / Program:  University / Location: Ho Chi Minh City, Vietnam / Site area: 22,500 m2 / GFA: 29,000 m2 / Client: FPT University / Budget: 400,000,000,000VND (app. 18million USD) / Credit of graphics: Vo Trong Nghia Architects

Leave a comment

Your email address will not be published.


*