Breaking

LIXIL Beri Solusi Terintegrasi


LIXIL Corporation, perusahaan global building material asal Jepang melakukan akuisisi American Standard di USA pada tahun 2009. Dengan masuknya LIXIL, American Standard (Amstad) yang semula dikenal sebagai produsen saniter, kini memiliki varian produk yang beragam. Selain saniter, kini juga ada window, curtain wall, karpet, parquet, kitchen, dan lainnya.

2

Menurut Arfindi Adilpradhana Batubara, apa yang kita tawarkan biar menjadi the only one yang menawarkannya. Sebab kita tidak hanya memasarkan saniter, tetapi menawarkan solusi. “Hal ini akan mempermudah customer yang akan membangun rumah, hotel, apartemen, office, mereka cukup memilih LIXIL karena akan membuat urusan membangun menjadi lebih efektif dan efisien. Customer tidak perlu lagi dealing ke banyak dealer karena akan take energy,” paparnya.

Sebenarnya banyak produk high end dari LIXIL yang sudah lama masuk ke pasar Indonesia, hanya saja mereka tidak tahu produsen di balik produk-produk tersebut, namun kalau disebutkan nama produk, para arsitek biasanya sudah tahu. Seperti curtain wall Permasteelisa yang banyak dipakai di proyek prestisius dan super tall building, seperti Taipe 101, Shanghai World Financial Center, Walt Disney Concert Hall, Los Angeles, USA, dan lainnya

Kini konsep bangunan yang ramah lingkungan tidak hanya sebatas memerhatikan arsitektur bangunan yang memenuhi kriteria bangunan ramah lingkungan (green building), namun juga terkait dengan cara membangun, material bangunan, efisiensi penggunaan air, life cycle ecological living, dan tentu saja gaya hidup yang hemat energi.

Ramah Lingkungan

Sebagai perusahaan building material No 1 di dunia yang memproduksi dan menyediakan berbagai material bangunan, LIXIL memiliki visi bagaimana meningkatkan kualitas hidup manusia dan menjaga keseimbangan lingkungan. Jadi, menurut Director Marketing Department ini, tren green bulding bukan hal baru bagi LIXIL.

Salah satu produk ramah lingkungan yang dikembangkan oleh Divisi R&D-nya adalah tombol toilet dengan dual flush dengan pilihan 3-4,5 liter yang bertujuan untuk menghemat konsumsi air. Dengan fitur dual flush, memberikan pilihan kepada pengguna menekan tombol yang berbeda untuk menyiram toilet.

Untuk produk fitting atau keran, Amstad juga menggunakan perangkat click technology, dengan fitur tersebut, saat pengguna memakainya, keran tidak mengeluarkan air dalam jumlah besar pada bukaan pertama, karena bukaan besar akan berlangsung pada bukaan kedua. “Dengan teknologi ini, kita berupaya meminimalkan konsumsi air,” jelasnya.

Smart Toilet

Selain itu, Arfindi bilang, Amstad juga memiliki smart toilet yang bernama Eurozen. Toilet high end ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya didukung 1) fitur teknologi yang bisa buka-tutup secara otomatis dengan menggunakan infrared sensor berupa respon jarak (distance). Dengan jarak sekitar 30 cm, cover toliet akan terbuka secara otomatis. 2) Memiliki dua nozzle wash dengan dua pilihan berbeda dengan osilasi nosel yang lebih nyaman.

3) Anti bakteri, dimana nozzle, seat, cover, dan remote control-nya secara efektif dirancang mampu menghambat perkembangbiakan bakteri. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan keluarga. 4) Seat juga berfungsi membuat lebih hangat dan mengeringkan, sehingga pengguna menjadi lebih nyaman. Dudukan multi fungsi ini cocok untuk ruang yang dingin seperti di hotel atau hunian mewah. 5) Perawatannya mudah, karena cover-nya gampang dibuka untuk membersihkan area-area yang sukar dijangkau, sehingga smart toliet ini tetap terjaga kebersihannya.

Eco Carat

Dengan bergabungnya LIXIL, Amstad banyak membuat inovasi. Selain melakukan inovasi di saniter, perusahaan ini juga mengembangkan keramik dinding berteknologi baru. Dekoratif tile yang diberi nama Eco Carat tersebut memiliki keunggulan dapat menjaga kelembaban udara dan mampu menyerab uap dan bau.

Fungsinya seperti air purifer sehingga cocok bagi pengidap alergi. Dengan tebal 5mm, dekoratif tile ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, 30x30cm, 20x20cm, dan ukuran mozaik dengan pilihan warna beragam namun kebanyakan warna natural. Agar mendapatkan hasil maksimal, Arfindi menyarankan untuk setiap luas ruangan 20m² dipasang 4-5m² Eco Carat atau LIXIL Touch.

Cara pemasangannya mudah, beri lem bagian bawah keramik dengan lem khusus dan rekatkan di dinding. Di Jepang, keramik ini sudah diluncurkan sekitar 5 tahun lalu, namun baru masuk ke Indonesia awal 2013 dan sudah dijual, hanya saja masih terbatas di proyek dan sedang dipersiapkan masuk ritel.

Window

Produk ramah lingkungan lainnya yang merupakan hasil inovasi adalah jendela yang dapat mengontrol dan mempertahankan temperatur di dalam ruang sehingga kondisi ruang tetap stabil. Panas dari luar tidak masuk dan kesejukan di dalam ruang tak keluar, sehingga menghemat pemakaian AC dengan tetap mendapatkan penerangan alami yang maksimal.

Salah satu keunggulannya, mampu menyerap panas dari luar ruangan sehingga kesejukan di dalam ruangan tetap stabil. Jendela ini dilengkapi fitur pencahayaan dan ventiasi alami, sound-proof, dan security yang tersedia dalam beragam disain, warna, dan ukuran.

Kehadiran PT American Standard Indonesia (LIXIL Group) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para profesional di bidang konstruksi dan properti, seperti arsitek dan kontraktor, juga para pemilik rumah, hotel, apartemen, office, dan bangunan komersial lainnya yang menginginkan keunggulan disain dan fungsionalitas berkualitas tinggi.

Ditanya mengenai pasar di Indonesia, menurut Arfindi potensi pasar di tanah air besar sekali dan sangat menjanjikan, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Kondisi itu terlihat dari tingkat pertumbuhan sektor properti dan konstruksi dalam beberapa tahun terakhir yang terus meningkat. Ini menunjukkan bahwa solusi yang kami tawarkan dengan berbagai keunggulan, akan mendapat tempat di masyarakat, apalagi pada setiap produk yang ditawarkan memiliki unsur-unsur ramah lingkungan.

Selain itu lanjut Arfindi, LIXIL juga mempunyai range produk yang luas. Dimana masyarakat dari berbagai segmen bisa menikmati produk sesuai kemampuan dan kebutuhannya,” pungkasnya.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*