Breaking

Memadukan Rumah Dengan Lansekap

Kehadiran rumah berupaya sekecil mungkin mengganggu lansekap yang ada. Volume ruang mematah dan meluas di sepanjang topografi. Setiap ruang berada dalam tingkat yang berbeda dan mempunyai akses langsung ke luar.

Rumah ini berada di kawasan Gaitera yang merupakan sebuah dusun yang terletak di perbukitan indah yang ditanami anggur, pinus dan pohon zaitun. Sebuah hamparan dengan pemandangan cantik ke ujung selatan dari Serra da Estrela, titik tertinggi di daratan Portugal.

Pemilik rumah merupakan pasangan berkewarganegaraan Inggris yang menginginkan rumah kedua. Mereka menginginkan rumah ini dapat memberikan ruang, udara terbuka dan ketenangan, yang tampil kontras dengan kehidupan mereka di London.

Pertanyaan pertama bagi arsitek adalah bagaimana cara mendesain lansekap yang dramatis, dengan keseimbangan yang tidak umum antara alam, agrikultur dan arsitektur tradisional?

Arsitek berupaya sekecil mungkin menginterupsi lansekap yang ada. Salah satu caranya adalah membangun dalam bagian plot yang lebih tinggi. Area masuk melalui sebuah dinding yang mengadopsi bangunan batu tulis tradisional khas daerah setempat kemudian turun menuju inti rumah, sebuah ruang sosial yang terbagi dalam dua level.

Dari ruangan sosial ini, volume ruang lantas mematah dan meluas di sepanjang topografi. Ada  pemisahan yang halus namun efektif di antara ruang sosial dan ruang-ruang privat. Dimana setiap ruang berada dalam tingkat yang berbeda dan mempunyai akses langsung ke luar.

Pola berpikir yang digunakan arsitek untuk menyikapi kondisi lahan bukan mendesain rumah dalam lansekap, melainkan sebuah rumah dari lansekap, seperti membangun rumah yang praktis.

Dimana rumah yang mengadakan kontak yang luas dengan tanah dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemanfaatan energi. Di rumah ini penghuni dapat menggunakan massa panas bumi yang tidak pernah habis untuk menyeimbangkan amplitudo udara panas di sepanjang hari dan musim.

Patio di tengah ruang keluarga dan kamar tidur utama juga merupakan alat termal pasif dengan membuat perbedaan panas antara kolam renang dan patio, menghasilkan sebuah aliran udara panas yang naik melalui rumah untuk pendinginan dalam musim semi dan musim panas, dan menghasilkan insulasi intensif dari titik paling dalam di rumah saat musim gugur dan musim dingin.

Arsitek Vasco Correia dan Patrícia Sousa

Nama : Rumah tinggal di Gaitera / Lokasi : Gaitera, Penela, Portugal / Luas lahan : 2.143 m2 / Luas bangunan : 403 m2 / Selesai dibangun : 2014 / Arsitek : Camarim / www.camarim.pt/en / Project Architects : Vasco Correia, Patrícia Sousa / Bekerjasama dengan: Tiago Garrido, Jonas Grinevicius, Christoph Schwander / Foto : Nelson Garrido

Leave a comment

Your email address will not be published.


*