Breaking

Menyatukan Rumah Dengan Pepohonan

Daya tarik rumah hadir melalui pepohonan. Batang, dahan, ranting, dan daunan menjadi bagian tak terpisahkan, yang membuat hunian ini nyaman untuk ditinggali.

Rumah didesain terbuka dengan banyak bukaan. Penggunaan material tembus pandang kian menguatkan harmonisnya hunian dua lantai ini dengan lingkungan sekitarnya. Semilir angin menyapa sembari menebarkan wangi-wangi bunga dan dedaunan tak henti memesona suasana.

Hampir  90 persen pekarangan rumah ditumbuhi pepohonan phutukawa. Keberadaan pohon dan semak ini menyelimuti sepanjang jalan hingga tepian pantai. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek untuk memenuhi keinginan klien yang menjadikan lansekap pohon menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah. Hal ini tentu sejalan dengan ketatnya pembangunan rumah di sekitar area ini.

Lekatnya nuansa kayu juga diwujudkan hampir di semua isi rumah. Kayu menguatkan kesan natural yang senanda dengan gambaran alam yang ingin dicapai. Seperti kayu pada lantai, dinding, dan furnitur membuat rumah bagai ukiran warna kayu yang baru dipotong. Elemen-elemen kayu menjadi kian tegas perannya karena didukung bukaan-bukaan yang besar pada kulit bangunan.

Selain itu, area ruang publik menghubungkan dua lantai rumah yang memberi cakrawala tanpa batas sekaligus menyatukan rumah dengan tatanan lansekap pohonan. Kehadiran batang dan cabang pohon menunjukkan pesan bahwa lingkungan dimana rumah ada sudah memasuki dan membentuk bangunannya.

Tambahan lagi, ketinggian ruang di dek lantai dua dengan penyekat  kaca membiarkan cahaya merespon ketinggian pohon-pohon sekitarnya. Atap yang pendek dan sebagian kaca memungkinkan merasakan pohon yang sebagian bersandar pada bangunan.

Mimpi mewujudkan hunian yang dekat dengan pepohonan menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek. Kerja cerdas dan kerja keras arsitek mewujudkan hunian yang bersababat dengan alam sekitar, menjadikan rumah ini dianugerahi beberapa penghargaan seperti: NZIA – Auckland Architecture Award 2011, “HOME” magazine home of the year winner 2012, NZIA New Zealand Architecture award 2012, NZIA medal finalist 2012, “NZ Wood” Timber design awards winner : residential architecture excellence 2012, dan WAN (World architecture News) house of the year 2012 finalist 2013.

Arsitek : Herbst Archtects http://herbstarchitects.co.nz/ Lokasi : Piha North, New Zealand / Kontraktor : John Amstrong / Foto : Patrick Reynolds

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*