Breaking

New Salvador Dali Museum

New Salvador Dali Museummemiliki luas 68.000m², yang mana luas struktur bangunan baru ini dua kali lebih besar dari ukuran asli Dali Museum pada tahun 1982.

New Salvador Dali Museum

New Salvador Dali Museum berada di tepi pantai dekat pusat kota St. Petersburg, Florida. Karya-karya yang dipamerkan di sini mencakup cat minyak, cat air, sketsa, patung, dan karya-karya lainnya yang ditaksir sekitar 2.140 koleksi permanen.

New Salvador Dali Museum

Meskipun proses pembangunannya kompleks, namun akhirnya pengerjaannya selesai tepat waktu. Konstruksinya dimulai Desember 2008 dan dibuka secara resmi pada 11 Januari 2011. Tinggi bangunannya lebih dari 75 meter dan dihiasi 1.062 panel kaca segitiga nan unik. Dana pembangunannya mencapai $29.8 million dan $ 700.000 di bawah anggaran.

New Salvador Dali Museum

Yann Weymouth, AIA, LEED AP, Direktur Desain HOK di Florida, arsitek yang diakui secara internasional, dipercaya memimpin tim desain New Dali Museum. Dali merupakan museum keempat dari proyek HOK yang selesai selama 6 tahun terakhir di Amerika, termasuk John and Mable Ringling Museum dan Cultural Complex di Sarasota, Hazel Hough Wing dari Museum of Fine Arts di St. Petersburg, dan Patricia and Phillip Frost Art Museum di Florida International University di Miami. Weymouth juga menjabat Kepala Desain IM Pei untuk East Wing of the National Gallery of Art in Washington, D.C., dan Grand Louvre di Paris.

New Salvador Dali Museum

New Salvador Dali Museum dirancang tak lepas dari inspirasi seni surealis Dali dan kebutuhan praktis untuk melindungi beragam koleksi museum dari badai yang mengancam dari pantai Barat Florida.

 

Enigma interior

Enigma interior

“Salvador Dali dikenal sebagai pelopor monumental seni abad 20 dan koleksi karya-karyanya di museum ini mungkin yang terbaik di dunia,” kata Weymouth. “Tantangan kami adalah menyelesaikan persyaratan teknis museum dan site, dengan cara mengekspresikan dinamika gerakan seni besar Dali. Penting ditekankan bahwa bangunan tersebut menegaskan surealis yang tak lekang dimakan zaman.”

 

Helical staircase

Helical staircase

New Salvador Dali Museum memiliki tinggi 58kaki, siku-siku, Euclidean “treasure box” dengan dinding beton tebal melindungi karya seni ini. Box beton yang sengaja tidak difinished dibiarkan mengalir, organik, kaca segitiga “Enigma” (juga nama sebuah lukisan Dali 1929) yang membuka museum ke arah teluk dan langit, sambil membentuk atap atrium yang tampil atraktif bila kena sinar matahari.

 

Second floor lobby

Second floor lobby

“Kami sengaja menampilkan bagian beton unfinished dengan tujuan mengurangi biaya pemeliharaan dan memungkinkan foil alami dengan presisi lebih halus dari kaca Enigma,” kata Weymouth. “Ini kontras antara dunia rasional dan lebih intuitif. Dunia natural yang menakjubkan merupakan tema konstan dalam karya-karya Dali.”

 

Second floor lobby

Second floor lobby

Dali adalah teman dan pengagum Buckminster Fuller, pelopor geodesic geometries dan merupakan pahlawan Weymouth’s. Dali Museum merupakan pengguna pertama dari bentuk bebas geometri geodesik di Amerika Serikat.

 

Dome ceilling

Dome ceilling

HOK memakai Building Information Modeling (BIM) untuk membuat model tigadimensi bentuk kaca sebelum Novum Structures diimpor ke program perangkat lunak dan kemudian direkayasa, diproduksi dan menginstal kaca Enigma serta adik kacanya “Igloo.”

New Salvador Dali Museum

“Menggantung, bentuk bebas penggunaan triangulasi geodesik adalah inovasi terbaru yang diaktifkan dengan analisis komputer modern dan digital fabrikasi yang memungkinkan setiap komponen menjadi unik,” jelas Weymouth. “Tidak ada panel kaca, node struktural atau strut yang persis sama. Hal ini memungkinkan kami untuk menciptakan sebuah keluarga yang memiliki bentuk yang tajam, sementara struktur yang kuat, lebih mirip aliran cairan di alam.”

New Salvador Dali Museum

Beton tangga spiral yang menjulang tinggi memberi energi pada atrium kaca setinggi 75 kaki. Pengadaan tangga beton spiral ini dilakukan dengan cara dituangkan sampai ke lantai dasar. Karena bentuknya yang unik, tangga ini tentu saja mengundang pengunjung untuk menelusuri museum mulai dari pintu masuk lantai dasar, sampai ke galeri lantai tiga.

New Salvador Dali Museum

Beton spiral mengalir sampai ke lantai dasar di meja resepsionis pengunjung, dengan kabel ringan yang ditopang pagar stainless steel yang mengambang dengan posisi berdampingan. Desain tangga heliks adalah kiasan untuk ketertarikan Dali dengan bentuk spiral di alam dan helix ganda DNA.

New Salvador Dali Museum

Dalam galeri-galeri pameran di lantai tiga, “light cannons” menyalurkan sinar matahari ke masterworks terbesar Dali. Ruang-ruang pameran seni dihubungkan oleh sebuah sculptural yang muncul secara ajaib dari tanah di tengah “egg” skylight, memberikan cahaya yang cukup, dan menyapu view menghadap teluk Tampa.

New Salvador Dali Museum

Bangunan museum ini melindungi koleksi seni tak ternilai dari badai angin kencang dan air. Strukturnya seperti benteng pertahanan dirancang untuk menahan beban angin 165-mph dari 5 kategori badai sampai 200tahun. Ketebalan atapnya 12-inci, beton solid dan dinding beton bertulang setebal 18 inci dicetak di tempat.

New Salvador Dali Museum

Terletak di atas the flood planedi lantai tiga, karya-karya seni di musem ini terlindung dari gelombang badai 30kaki lebih tinggi dari perkiraan gelombang. Pintu-pintu untuk menahan badai didesain untuk melindungi perisai kubah dan galeri. Khusus dikembangkan untuk proyek ini, panel kaca segitiga dengan tebal satu setengah inci, berisolasi dan laminasi, dan diuji untuk menahan angin 135 mph, dorongan air hujan dan dampak-dampak rudal dari angin topan kategori 3.

New Salvador Dali Museum

Beberapa strategi desain yang berkelanjutan menciptakan energi, air, dan penghematan biaya diaplikasikan di sini. Bangunan ini dirancang untuk mengurangi beban matahari dari barat dengan siku yang rendah. Dua jenis kolektor surya di atas air panas atap untuk toilet dan membantu dalam siklus dehumidification dari sistem pendingin udara.

New Salvador Dali Museum

Kontrol otomatis mengaktifkan lampu mati secara otomatis ketika ruang tidak digunakan. Perlengkapan untuk mengalirkan air didesain lebih rendah dan semua kondensat air didaur ulang kembali ke dalam sistem. Penutup bangunan kompak berisolasi baik dengan massa beton thermal, bertindak sebagai heat sink untuk mengurangi suhu tertinggi dan terendah dari hari-hari biasa.

New Salvador Dali Museum

HOKadalahperusahaanarsitekturglobalyangmengkhususkan diridalamperencanaan, desaindansolusiyang berkelanjutanuntukbangunan, masyarakat,danorganisasi. Melaluijaringankolaboratifatas25kantordi seluruh dunia, perusahaanmelayaniklienyang beragamdarikorporasi, komersial, publik, daninstitusi.

New Salvador Dali Museum

HOK berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya dan keahlian untuk membantu memimpin dunia menuju masyarakat yang berkelanjutan dengan rancangan bangunan yang akrab dengan lingkungan. Didirikan pada tahun 1955, keahlian perusahaan termasuk arsitektur, teknik, interior, perencanaan, konsultasi berkelanjutan, pencahayaan, grafis, perencanaan fasilitas, penilaian, dan jasa konstruksi.

New Salvador Dali Museum

Architectural Design, Programming, Master Planning: HOK/www.HOK.com Client Salvador Dalí MuseumArchitectural Design, Programming, Master Planning: HOK General Contractor  The Beck Group Glass Structure Consultant Novum Structures LLC Structural Engineer Walter P. Moore & Associates Inc.Mechanical/Electrical/Plumbing Engineer  TLC Engineering for Architecture Program Manager  Peter Arendt Acoustical Consultant  Siebein Associates Inc.Civil Engineer WilsonMiller Stantec Inc. Landscape Architect  Phil Graham and Company Lighting Designer George Sexton Associates Code Consultant Rolf Jensen & Associates Inc.Food Service Consultant Schwartz Schwartz & Associates Graphics/Signage Consultant Dan Meeker Design Hardware Consultant  S.B.S. Associates, Inc.

HOK Design Team Duncan Broyd, Eva Busato, David Chason, Jenny Collins Miers, Susan Dame, Carly Debacker, Gary Erickson, Ralph Evans, Miranda Hensley, Will Hollingsworth, Scott Hughes, Laura Matson, Foard Meriwether, Eddie Pabon, Van Phrasavath, Lynn Puckett, Mary Sabel, Oliver Schwarz, Tommy Sinclair, Nicole Stearley, Izzy Torres, Anna Vasquez, Yann Weymouth, Sean Williams Photographer Beck and Eric Kreher Image credits Final exterior images: HOK/Moris Moreno; Gallery shots are BECK/Michael Rixon

Leave a comment

Your email address will not be published.


*