Breaking

Pelapis kedap air BITUTHENE® — lima dekade dalam memberikan perlindungan kuat terhadap bangunan

Di kawasan Asia Pasifik, permintaan akan bangunan yang tahan lama, atau bangunan dengan area yang lembap, membuat penggunaan membran pelapis kedap air meningkat secara tajam. Sejak diperkenalkan 52 tahun yang lalu, berbagai produk pelapis kedap air BITUTHENE® dari GCP Applied Technologies terus berkembang dan saat ini hampir menjadi standar pasaran. 

Selama setengah abad, berbagai produk pelapis kedap air pascaaplikasi BITUTHENE® dari GCP Applied Technologies (GCP) telah memberikan perlindungan bangunan yang dibutuhkan oleh kontraktor, pengembang dan pihak lain untuk membuat struktur bangunan dengan performa tinggi dan tahan lama. Produk-produk ini telah mendukung pengembangan di kawasan Asia Pasifik, memainkan peranan penting dalam menjamin infrastruktur yang menawarkan ketahanan dan produktivitas guna mendorong pertumbuhan sosial dan ekonomi.

Kondisi ini telah membentuk platform yang kokoh dan membantu menempatkan kawasan tersebut sebagai salah satu kawasan ekonomi paling menarik di dunia. Seiring dengan peningkatan belanja konstruksi, perkembangan ekonomi dan pertumbuhan populasi, pasar konstruksi yang kuat di Asia Pasifik kini berfokus pada bahan kedap air yang andal seperti pelapis BITUTHENE®. Bahkan, menurut Global Market Insights Inc., pasar produk pelapis kedap air di Asia Pasifik diperkirakan melampaui US$3 miliar pada tahun 2024, jika dilihat dari skala dan pentingnya sektor industri konstruksi yang sangat menonjol.

Selama 50 tahun terakhir, lebih dari 300 juta meter persegi pelapis BITUTHENE® telah diaplikasikan pada proyek konstruksi, mulai dari bangunan komersial dan rumah sakit, hingga taman, bandara dan infrastruktur besar lainnya. Di Indonesia, produk pelapis kedap air BITUTHENE® telah menunjukkan kemampuan performa yang tinggi pada beberapa proyek besar seperti sistem Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta, Menara Bahana, Hotel Four Seasons di Kawasan Ibu Kota dan World Trade Center 2 di Jakarta.

Daftar proyek di kawasan Eropa juga mengesankan, dengan mengutamakan pemakaian produk pelapis kedap air BITUTHENE® pada proyek-proyek terkenal seperti Museum Seni Kontemporer di Inggris, Morocco Mall di Casablanca, Maroko, dan Istanbul Congress Park di Turki.

Serbaguna dan terbukti

Produk-produk serbaguna BITUTHENE® cocok dipakai untuk berbagai jenis struktur bangunan, mulai dari atap, landasan dan dinding ruangan bawah tanah di bangunan tempat tinggal, hingga infrastruktur besar seperti terowongan dan stasiun metro. Dirancang dengan pemakaian yang mudah diingat, produk pelapis kedap air BITUTHENE® tersedia dalam bentuk rol berperekat dan bisa diaplikasikan tanpa menggunakan panas. Lapisan bisa diaplikasikan dengan rapi dan cepat tanpa memakai peralatan khusus sehingga membantu menghemat waktu, tenaga dan biaya proyek.

Berikut beberapa manfaat pelapis BITUTHENE® yang menjadikannya sebagai pilihan favorit di kawasan Asia Pasifik:

  • Desain lembaran berperekat, dengan kesinambungan penuh di bagian overlap untuk mencegah kebocoran atau jahitan, dan bisa digunakan tanpa peralatan khusus;
  • Cocok diaplikasikan dalam suhu dingin, sehingga tidak menimbulkan bahaya api menyala karena tidak memerlukan nyala api atau pemanasan seperti pada bahan kedap air tradisional yang diaplikasikan dalam suhu panas;
  • Desain Ripcord® yang unik sehingga para pekerja mudah memisahkan lapisan pelepas dan memasang lembarannya;
  • Bisa digunakan bersama cat primer/pelapis dan diaplikasikan pada beton lembap atau beton ramah lingkungan dalam proyek konstruksi yang mengutamakan waktu, serta menghemat waktu dan uang tim proyek.

GCP juga menjamin bahwa produk pelapis kedap air BITUTHENE® memiliki ketahanan terhadap perubahan struktur bangunan dari waktu ke waktu. Agar bisa mengakomodasi retakan dalam struktur bangunan — dan bergerak sesuai dengan pengaturan kecil dari waktu ke waktu – produk ini memiliki laminasi silang, selaput berdensitas tinggi yang menghasilkan kestabilan dimensi, ketahanan terhadap sobekan dan benturan. Ketebalan lembaran pelapis yang diproduksi di pabrik ini juga telah dikontrol untuk memastikan pemakaian yang konstan dan non-variabel di tempat.

“Kami yakin bahwa produk pelapis kedap air BITUTHENE® menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap bangunan. Produk ini kuat, fleksibel dan mudah diaplikasikan,” kata Robert AuYeung, Direktur Pemasaran, Asia Pasifik dari GCP Applied Technologies. “Selama lima dekade, para kontraktor di seluruh dunia mengandalkan kekukuhan lapisan BITUTHENE® dan kemudahan pemakaiannya dalam menyelesaikan pekerjaan.”

Teruji waktu, terbukti di lapangan

Detail lengkap tentang berbagai produk yang tersedia di Indonesia bisa dilihat di situs web perusahaan, www.gcpat.id. Produk yang paling laris adalah BITUTHENE® 3000, pelapis kedap air dengan performa tinggi, fleksibel dan khusus diaplikasikan tanpa menggunakan panas. Desainnya yang unik memadukan performa tinggi istimewa, laminasi silang, selaput (film) yang mengandung HDPE dengan kompon bitumen karet berperekat.

Produk ini sangat cocok dipakai di ruangan bawah tanah serta menawarkan perlindungan eksternal yang efektif terhadap kondisi lingkungan yang berat dan serangan pada ozon. Selain ruangan bawah tanah, produk ini banyak dipakai pada landasan rata, struktur yang tinggi atau miring, taman di atas atap dan teras. Produk ini juga tahan terhadap gas metana, karbondioksida dan radon.

Produk pelapis “BITUTHENE®3000 pertama kali digunakan di Indonesia pada dua dekade yang lalu di Hotel Ubud di Bali,” kata Robert AuYeung. “Produk ini berhasil membuat banyak gedung pencakar langit tetap kering dan aman.”

Untuk performa maksimal, GCP menawarkan produk pelapis kedap air BITUTHENE®8000. Pelapis berperekat terdepan ini tahan terhadap air, kelembapan, dan gas, serta bersifat memantulkan sinar matahari. Secara keseluruhan, produk ini merupakan pilihan tepat untuk sejumlah pemakaian lapisan kedap air, baik di atas maupun di bawah tanah. Produk ini bisa diaplikasikan secara horizontal maupun vertikal untuk melindungi ruangan bawah tanah dan struktur bawah penting lainnya dari efek resapan air, kelembapan dan gas.

“Produk pelapis kedap air BITUTHENE® 8000 ini tidak hanya memiliki performa tinggi tapi juga sangat mudah digunakan,” kata Robert AuYeung. “Produk ini sangat kuat, tapi kerusakan yang tidak disengaja dan mungkin terlewatkan bisa diketahui dari kompon hitam yang terlihat dari selaput berwarna abu-abu terang. Kerusakan ini bisa diperbaiki dengan menambah lapisan BITUTHENE®8000. Berkat kecermatan ini, berbagai produk BITUTHENE® menjadi pilihan utama pelanggan.”

Produk pelapis BITUTHENE®6000 EIM juga populer di kawasan Asia Pasifik. Produk ini merupakan isolator yang sangat baik sehingga menjadi solusi yang tepat bagi jaringan rel kereta api bawah tanah misalnya, di mana para insinyur menghadapi tantangan seperti lonjakan listrik potensial atau kerusakan sistem yang membahayakan keselamatan penumpang. Desain efektif dari produk pelapis kedap air BITUTHENE®6000 EIM berasal dari selaput polietilena yang kuat dengan laminasi silang yang sangat tahan terhadap arus listrik.

Seluruh produk BITUTHENE® yang diproduksi oleh GCP menunjukkan kekuatan perusahaan tersebut dalam memanfaatkan teknologi mutakhir dan mewujudkannya menjadi solusi yang berorientasi kepada pelanggan.

Solusi lengkap bagi bangunan

GCP merancang lini produk BITUTHENE® agar kompatibel dengan sistem pelapis kedap air lain dari perusahaan tersebut. Misalnya, bila menggunakan pelapis kedap air praaplikasi PREPRUFE®, BITUTHENE® bisa membentuk segel integral yang unik pada beton yang dicor di atasnya. Kontraktor juga bisa memilih produk pelengkap seperti komponen drainase HYDRODUCT® dan berbagai sistem proteksi sambungan DE NEEF, guna mengoptimalkan performa BITUTHENE®.

Supaya lebih efisien, kontraktor bisa menggunakan cairan pelapis kedap air BITUTHENE® maupun SILCOR® yang diaplikasikan dalam suhu dingin melalui semprotan atau squeegee dan sudah bisa dipijak dalam waktu dua jam atau kurang, tergantung produk tersebut. Untuk menambah stabilitas dan ketahanan, kontraktor bisa menggunakan larutan kedap air BETEC® yang menyerupai semen dan kristal setelah BITUTHENE® diaplikasikan.

“Pendekatan GCP terhadap produk kedap air didukung oleh sistem solusi yang kuat dan saling melengkapi, yang bertujuan untuk melengkapi struktur bangunan dengan lapisan kedap air yang fleksibel dan melekat sempurna,” kata Robert AuYeung. “Para insinyur, arsitek dan kontraktor telah mempercayai portofolio merek produk kami selama lebih dari 50 tahun dan kami bertekad untuk terus memimpin industri ini melalui inovasi.”

Berikut seluruh produk BITUTHENE® kami: 

Sistem Kedap Air BITUTHENE® Keterangan
BITUTHENE® 2000 Pelapis yang tahan terhadap kelembapan/uap untuk melindungi landasan rata, lempengan atas dan ruangan basah.
BITUTHENE® 3000 Pelapis populer yang diaplikasikan tanpa perlu menggunakan panas dan berperekat ini cocok digunakan untuk ruangan bawah tanah, struktur bawah dan landasan rata.
BITUTHENE® 5000 Pelapis kuat yang dirancang untuk plaza, jembatan dan struktur lalu lintas kendaraan.
BITUTHENE® 6000 Pelapis yang kuat dan tahan ini digunakan dalam pengerjaan struktur bawah dan teknik sipil utama.
BITUTHENE® 6000 EIM Pelapis kedap air ini merupakan isolator yang sangat baik untuk struktur bawah dan teknik sipil utama.
BITUTHENE® 8000 Pelapis yang tahan terhadap gas metana ini bisa menghambat resapan air, kelembapan dan gas pada struktur bawah.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Ben Shaw | Partner |SE10

t: +656408 3861 | m: +659299 5192 | ben.shaw@se10.com

Merek dagang BITUTHENE, PREPRUFE, HYDRODUCT, DE NEEF, SILCOR dan BETEC adalah merek dagang terdaftar dari GCP Applied Technologies Inc., dan telah terdaftar di Kantor Hak Paten dan Merek Dagang A.S. dan/atau di kantor merek dagang lain di seluruh dunia. Merek dagang lain yang tidak dimiliki oleh GCP Applied Technologies dan dirujuk di sini merupakan aset masing-masing pemilik yang bersangkutan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*