Breaking

Ruang Terbuka Hijau Berlansekap Perkebunan Anggur

Ruang-ruang terbuka menjadi pilihan pemilik. Hamparan hijau perkebunan anggur yang juga didukung dengan peternakan kuda ini menjadi alasan pemilik rumah untuk menghadirkan banyak ruang terbuka di huniannya.


Sebelumnya, di lokasi hunian ini adalah sebuah taman pasar yang dilengkapi dengan tempat berlindung yang membentuk bukaan ruang-ruang luar yang besar. Klien kemudian menanami area ini dengan tanaman anggur dan memagari padang rumput untuk kuda, juga membangun sebuah peternakan kuda serta arena tunggang kuda.

Rumah ini dirancang untuk membawa keteraturan ke site yang besar. Beberapa ruang diperlukan di tengah-tengah rumah yang bersifat privat dan arena tunggang yang bersifat publik. Bronjong yang merupakan elemen lansekap dengan dua poros digunakan untuk membagi site menjadi empat bagian.

Bronjong disusun dari bawah sehingga membatasi titik masuk dan membentuk dinding jangkar yang berfungsi sebagai media pertahanan bagi rumah.

Rumah ini memiliki tiga bagian yang didukung dengan ruang-ruang di tengahnya. Untuk tiga bagian utama rumah diperuntukkan bagi Lania, garasi, dan kamar tidur. Ruang-ruang tersebut dihubungkan dengan bentuk kotak simpel yang menggunakan lapisan papan kayu.

Peti raksasa membentuk pinggiran ke ruang paviliun keluarga yang terletak di tengah Lania dan kamar tidur. Selain itu keberadaan peti raksasa ini juga menghadirkan frame view site.


Keberadaan atap miring ke arah cahaya selatan yang mengambang menutupi ruang keluarga. Penghuni dapat melihat pemandangan dedaunan pohon dari ruang keluarga. Memang sengaja atap ini didesain luas, agar memberikan skala bangunan yang pantas terhadap skala wilayahnya.

Paviliun ruang keluarga meluas ke barat membentuk sebuah teras dan meluas ke arah timur untuk “menjebak” halaman dengan pohon dan fitur air, juga meluas ke utara untuk membuat teras matahari yang besar.

Rumahnya dinaikkan dengan sebuah alas bata untuk mengangkat tanah yang mungkin homogen gembur. Berat alas ini membuat kotak-kotak berbentuk peti pertanian untuk mengambang, memberikan penghuni pemandangan kebun anggur dan membawa penghuni lebih dekat dengan titik berat penunggang kuda.

Alas ini dipotong dan dibingkai dengan bronjong, digunakan untuk memisahkan fungsi-fungsi ruang yang ada di dalam rumah.

Arsitek: Herbts Architects / http://herbstarchitects.co.nz/ Kontraktor : P.T Building Services / Lokasi: Bramasole, Waimauku, Aukland, New Zealand / Photographer: Lane Herbst

Leave a comment

Your email address will not be published.


*