Breaking

RUMAH KOS MEDIJAVANEAN

Dewasa ini bisnis rumah kos sangat menjanjikan. Untuk itulah para pengelola rumah kos tidak saja sekedar membuat kamar-kamar kos, melainkan sudah merencanakan desain kamar tersebut.

place1

Berada di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan di atas lahan seluas 240m² dengan KPB 70%, arsitek Shonny Archaul, membangun rumah kos yang mengadopsi gaya Mediterania yang dipadukan dengan gaya Jawa yang disebut “Medijavanean”. Bahkan konsep gaya arsitektur ini hak ciptanya sudah didapat dari Kementrian Hukum dan HAM.

place6

Dengan bangunan seluas 330m² ini, Shonny membuat rumah indekost ini menjadi dua lantai terdiri 8 kamar yang berukuran 4m x 4m, sehingga seluruhnya terdapat 16 kamar tidur.

place4

Bangunan rumah kos ini didesain seperti koridor yang memanjang. Di kedua sisi koridor terdapat deretan kamar-kamar. Koridor ini seolah-olah ditopang oleh beberapa pilar sebagai penyangga dan di tengahnya terdapat pembatas. Area di sini sengaja diterapkan konsep courtyard sehingga udara dan cahaya dapat bebas masuk ke dalam. Seluruh kamar didesain saling berhadapan dan memiliki view ke taman kering.

place8

Yang menarik dari desain rumah kos ini adalah penempatan tangga penghubung menuju lantai dua justru di luar di depan bangunan, sehingga dapat mengefesienkan lahan di area dalam. Begitu kita masuk ke rumah kos ini, terdapat ruangan serba guna. Di sini ditempatkan kursi amben dan TV. Menurut Shonny, ruang ini merupakan area untuk saling berkomunikasi antar penghuni, karena di sini mereka dapat saling ngobrol sambil bersantai menonton TV atau disebut lobby bangunan hotel.

Rumah kos yang bergaya medijavanean ini memang unik, kaya dengan unsur rustic-nya sedangkan warna-warna alam diterapkan pada interior berkonsep tradisional Jawa, dilengkapi oleh elemen-elemen dekorasi antik sehingga menghasilkan paduan yang harmonis.

place9

Tangga yang berada di luar dibuat melengkung membentuk setengah lingkaran sehingga tampilan fasad bangunan menjadi unik. Pintu utama dipilih gebyok sebagai point of interest tersendiri sehingga secara keseluruhan terlihat anggun.

place10

Pola lantai di sini sangat menarik. Shonny menerapkan pola lantai secara beragam, mulai dari carport, ruang lobby sampai pada lantai di depan kamar memiliki pola yang berbeda. Di ruang penerima atau lobby misalnya, dipakai pola lantai yang seperti biasa tetapi untuk lantai di depan kamar seluruhnya diterapkan pola mosaik yang sangat menarik. Adapun untuk finishing dinding sengaja mengekspos bata, kecuali untuk dinding di dalam kamar.

place11

Pada setiap kamar terdapat kamar mandi di dalam, tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian, dengan fasilitas pendingin dan wifi.

place12

Dengan menerapkan konsep yang natural seperti ini, diharapkan para penghuni dapat merasa nyaman seolah-olah berada di rumahnya sendiri, sehingga mereka merasa betah untuk kos di sini, demikian harapan sang arsitek, Shonny beserta istrinya Anggraeni, yang juga mengelola galerinya.

place13

Arsitek: A. Shonny Archaul Lokasi: Perumahan Pondok Jaya, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan  Pemilik: Ibu Anggraeni

Leave a comment

Your email address will not be published.


*