Breaking

Rumah Sakit Opesdale del Mare

Rumah sakit Opesdale del Mare di Naples Italia beroperasi sejak Maret 2015. Rumah sakit ini didesain oleh arsitek IaN+. Tim arsiteknya adalah Carmelo Baglivo, Luca Galofaro, dan Stefania Manna.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4089_photoMarioFerrara

Menghadirkan pelataran terbuka nan luas, membuat rumah sakit ini menjadi area publik baru yang menghubungkan denyut aktivitas warga kota dengan rumah sakit. Keberadaan pelataran ini seperti ‘menemani’ orang masuk ke dalam bangunan yang kemudian didistribusikan dengan banyak akses dan fungsi-fungsi pelayanan mulai dari area masuk sampai ke lantai tiga.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4093_photoMarioFerrara

Material kaca yang mendominasi fasade bangunan membuat ruang-ruang tiga lantai ini menjadi cerah di siang dengan penerangan alami. Selain itu, tiga bukaan bundar pada atap (skylight) kian membuat suasana di dalam terang, yang juga memperluas bidang horizontal dari lantai tiga ke lantai dasar. Banyak ruang terbuka yang luas di dalam bangunan (hall) membuat rumah sakit ini berbeda dengan rumah sakit pada umumnya.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4097_photoMarioFerrara

Biro arsitek IaN+ yang terus mengadakan riset multi disiplin ilmu mengenai ruang terbuka, fasilitas kota, dan akses jalan di kota-kota besar, membuat IaN+ dikenal luas sebagai biro arsitek yang melahirkan bangunan sebagai bagian dari fasilitas kota yang bersahabat.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4113_photoMarioFerrara

Seperti dipaparkan oleh Stefania Manna bahwa tahap pertama dari konstruksi bangunan ini adalah mengatur pembagian beban. Lantai yang terbuka luas dengan tiga skylight bundar berukuran besar yang menerus dari lantai tiga ke lantai dasar. Untuk mengatasinya, beban bantalan vertikal struktur bangunan disembunyikan dalam partisi-partisi interior. Tujuannya adalah menghilangkan material, mengurangi beban bangunan, dan meniadakan penghalang spasial di dalam ruangan.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4135_photoMarioFerrara

Struktur-struktur baja dari dua skylight besar dikurangi dengan pelat tipis dan batang baja melintang sehingga frame chassis tidak digunakan. Pilar-pilar menjadi silinder ramping yang meniadakan kerangka dan diposisikan untuk mendukung bangunan.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4141_photoMarioFerrara

Menurut Carmelo Baglivo keberadaan kaca yang membungkus kulit bangunan dan taman indoor sebenarnya dimaksudkan merefleksikan cahaya yang masuk dan menciptakan area yang luas karena tidak ada yang menghalangi. Bentuk melingkar ditujukan untuk menyatukan berbagai tingkat ruang Piranesian. Hall yang luas dan bentuk transparan memberikan kesan sangat ringan dan terbuka, dimana area horizontal dan vertikal menyatu.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4154_photoMarioFerrara

Luca Galofaro menegaskan bahwa desain dari rumah sakit Ospedale del Mare di Naples ini merupakan sebuah cermin yang menggambarkan situasi Italia yang berkarakter.

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4207_photoMarioFerrara

 

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4215_photoMarioFerrara

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4241_photoMarioFerrara

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4252_photoMarioFerrara

Image-IAN+-OSPEDALEDELMARE-54700-PH_MFP_4261_photoMarioFerrara

Data and credits: Architectural project IaN+ (Architect Carmelo Baglivo, Architect Luca Galofaro, Engineer StefaniaManna) Client ASL Napoli 1 Centro Commissioner: Engineer Ciro Verdoliva Commission manager Engineer Enrico Campa Building site supervisor Architect Antonio Bruno Contractor P.F.P. Partenopea finanza di progetto S.c.p.a.company directed and coordinated by Astaldi S.p.A. General manager: Engineer Fabio Lucioli Structural engineering Engineer Biagio De Risi, Engineer Carmine Mascolo Mechanical engineering Engineer Gioacchino Forzano Fire safety Engineer Giovanni Maione Geotechnical consultant Engineer Filippo Cavuoto Photos by photographer Mario Ferrara

Leave a comment

Your email address will not be published.


*