Breaking

Rumah Split Level di Lahan Berkontur

Sejak awal pemilik rumah mengatakan bahwa dia tidak suka hunian yang berbentuk lengkung atau memiliki profil. Setelah arsitek memberi desain yang berbeda, pemilik merasa cocok dengan bentuk rumah seperti yang ia inginkan. Inilah latar belakang yang mendasari pemilihan bentuk kotak rumah ini.

Rumah split level di lahan berkontur

Yang menjadi kata kunci owner adalah keberadaan rumah akan berbentuk split level mengikuti kondisi kontur lahan yang menurun ke belakang. Bagian depan lahan rumah didesain tiga lantai karena posisi lahan yang berada pada daerah cekungan dengan lingkungan sekitarnya yang berkontur.

Rumah split level di lahan berkontur

Rumah split level di lahan berkontur ini penataan ruang-ruangnya tertata dengan baik dan sudah dilakukan sejak awal oleh pemiliki yang hobi menikmati beragam aliran musik ini, sehingga tim desain tinggal melanjutkan desainnya supaya rumah terasa memiliki ‘jiwa’.

Rumah split level di lahan berkontur

Rumah dengan luas lahan 478m² dan luas bangunan 429m² (tidak termasuk kolam renang) dibuat split level mengikuti bentuk kontur tanah, dengan memiliki enam ketinggian level lantai yang berbeda. Hubungan antar ruang didesain mengalir antar ruang yang satu dengan lainnya melalui jalur sirkulasi dan tangga yang diletakkan di tengah rumah supaya lebih efisien dan menjaga kedekatan antar ruang.

Rumah split level di lahan berkontur

Rumah split level di lahan berkontur ini menyajikan jalur sirkulasi dan akses tangga di tengah rumah menjadi tempat bertemunya seluruh anggota keluarga ketika mereka keluar dari ruang aktifitasnya masing-masing.

Rumah split level di lahan berkontur

Ekspresi rumah merupakan kumpulan enam buah box dengan enam ketinggian level lantai yang saling berdialog. Masing-masing box memiliki bentuk bukaan yang berbedamengikuti fungsi ruang dalamnya namun tetap dijaga keharmonisannya.

Rumah split level di lahan berkontur

Komposisi box yang saling bertumpang tindih ini memberikan kesempatan untuk membuat pencahayaan dan ventilasi alami ke dalam seluruh ruangan, apalagi cuaca di sekitarnyamasih sejuk dan sangat minim polusi.

Rumah split level di lahan berkontur

Rumah split level di lahan berkontur ini dirancang berdialog dengan alam di luar rumah melalui bingkai-bingkai jendela dan bukaan yang berbeda-beda proporsinya. Sehingga di dalam rumah ini terdapat banyak ‘lukisan’ hidup pemandangan yang terus-menerus berubah-ubah sesuai dengan cuaca maupun pergerakan matahari.

Rumah split level di lahan berkontur

Selain itu tangga di tengah rumah diberi selubung dari box kaca agar memiliki view maksimal ke arah danau dan memberikan pencahayaan alami ke bagian tengah rumah. Box ruang keluarga dan kamar tidur utama memiliki orientasi ke arah kolam renang di belakang lahan.

Rumah split level di lahan berkontur

Ruang tamu terbuka diletakkan di balik dinding batu acak susun sirih yang dialiri air, menyatu dengan teras tapi cukup privat untuk menikmati suasana lansekap rumah yang menyatu dengan danau. Pemakaian kaca sebagai atap di ruang tamu ini menggunakan spider fitting. Selain tidak dibutuhkan cahaya di siang hari, pemakaian material ini juga memberi kesan futuristik dengan luasnya pandangan ke sekitar taman dan lingkungan di sekitarnya.

Rumah split level di lahan berkontur

Untuk mengatasi curah hujan yang cukup tinggi, rumah split level di lahan berkontur ini menghadirkan dua box yang paling besar menggunakan atap miring zincalume dengan kantilever yang lebar.

Rumah split level di lahan berkontur

Lokasi Sentul, Jawa Barat Arsitek: Yu SingLuas lahan478m²Luas bangunan429m² (tidak termasuk kolam renang) Foto www.danielfotografi.com

1 Comment on Rumah Split Level di Lahan Berkontur

  1. Sekarang di rumah ini terpasang spanduk “dijual” . Barabgkali ada yg beminat, coba hubungi pemiliknya di 08128190775,

Leave a comment

Your email address will not be published.


*