Breaking

Sensasi Rumah “Melayang” di Bibir Laut

Hunian ini menjalin arsitektur, arsitektur interior, pencahayaan dan lansekap dalam sebuah kesatuan utuh seperti sebuah pahatan yang sesuai dengan site.

Biro arsitek New York, SOMA menampilkan sebuah hunian privat menakjubkan yang terletak di sisi utara Jouneih Bay, Lebanon.

Ini merupakan fenomena signifikan untuk proyek dengan desain yang berada di laut Mediterania. Calypso mengambang di atas air seperti sebuah kristal muncul dari bebatuan. Terletak di sebuah bidang kecil bebatuan yang kasar di antara jalan utama dan laut, bentuk rumahnya “diambil” langsung dari lansekap kasar ini.

Kesatuan ini diterjemahkan ke dalam tiga tingkat yang berbeda, menunjukkan tingkat-tingkat tersebut sebagai bidang-bidang kaca yang dilipat keluar terhadap bebatuan yang mengelilinginya.

Bidang-bidang ini meluas dan mengikat, membentuk setiap ruang ke program tertentu dan “dipahat” dengan presisi untuk memberikan view maksimal dan teras terbuka di setiap tingkat untuk area keluarga.

Karena jalan masuk rumah disesuaikan dengan jalan yang ada di atas, program rumahnya diubah dari yang awalnya merupakan hunian tipologis. Rumah ini didesain ketika penghuni berada di tingkat atas, ia dapat langsung turun ke area keluarga utama.

Untuk menambah view dan ruang yang luas, langit-langitnya dibuat miring ke arah kaca dan dilapisi dengan bilah kayu jati yang menarik perhatian penghuni keluar menuju laut.

Hunian ini berada di wilayah mediterania timur sering dilanda badai musim dingin yang kuat, tidak jarang ada ombak melebihi 5 meter. Solusi untuk mencegah ombak tinggi ini adalah dengan membelokkan ombak menggunakan selubung tidak terputus di sekeliling dek pada tingkat ruang tidur.

Fitur ini tidak hanya menyediakan ruang outdoor yang berkesinambungan, namun juga dikonstruksikan sebagai pemecah ombak untuk membelokkan ombak. Garis kedua pertahanan ombak adalah kaca rumah ini sendiri: sistem kaca laminasi diperkuat baja struktural, mampu menahan ombak yang paling kuat saat badai musim dingin.

Hasil akhir dan strategi konstruksi dari desain ini adalah rumah yang kokoh dan ikonik; menampilkan hunian elegan dengan fitur yang kaya dan serasi menyatu dengan lansekap.

Tentang SOMA. Biro arsitek internasional SOMA berkantor pusat di New York, didirikan oleh Michel Abboud. Dengan fokusnya yang menggabungkan kesenian, teknologi digital dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Desain dan karya biro ini telah mendapatkan pengakuan untuk prinsip mereka yang menembus batas.  Karakter yang dimiliki SOMA membuat biro ini naik daun. Karya-karya hadir  di New York, Dubai, Lebanon, dan pasar internasional yang lain. Mereka menciptakan hotel-hotel mewah, kondominium dan pengembangan lainnnya.

Michel Abboud, Principal Architect

Main consultant and Interiors:  SOMA Architects/website : http://soma.us/ Structural Consultant: B.E.T RODOLPHE MATTAR/MEP Consultant: Wissam Tawil& Associates s.a.l./Lighting Fixtures: PSLAB / Glazing: Glassline,VITROCSA / Wood Ceiling: Zinaline/Photos: Doc. SOMA Architects

Leave a comment

Your email address will not be published.


*