Breaking

Sinergi Cahaya Alami dan Buatan Di Pusat Pastoral Moscavide

Bangunan Pusat Pastoral Moscavide hadir untuk memenuhi berbagai fungsi pelayanan terpadu dalam satu bangunan. Serangkaian fasilitas yang ada mencakup ruang katekese, kapel pemakaman, kediaman paroki, dan kebutuhan pelayanan lainnya.

Yang menarik adalah adanya kedekatan dan keterkaitan bangunan Pusat Pastoral Moscavide dengan Gereja Santo António dari Moscavide. Karena ikatan ini menjadikan keduanya masuk dalam klasifikasi sebagai bangunan milik nasional.

Keduanya membingkai dan menyediakan tempat untuk berdialog. Di kawasan tersebut, kedua bangunan ini menonjol sehingga menjadi landmark serta sebagai rujukan bagi masyarakat.

Secara konseptual, arsitek memproyeksikan volume artikulasi yang sangat sederhana dengan gereja yang berdekatan yang juga agak monolitik. Namun, bangunan Pusat Pastoral Moscavide yang lebih baru menyajikan detail kontemporer.

Detail tersebut dihadirkan pada bahan yang digunakan, seperti beton, dinding putih, dan relasi bangunan dengan cahaya alami sekitarnya dengan bukaan-bukaan nan cermat.

Penggunaan ruang in-house yang berbeda, karena keragamannya yang berbeda, menentukan tampilan program yang berkembang dari tempat yang lebih umum ke ruang yang lebih pribadi. Ruang-ruang yang lebih privat ditempatkan di bagian belakang bangunan di lingkungan yang lebih terisolasi dan introspektif, yang juga menjadi akses ke kapel pemakaman.

Di seberang Jalan Moscavide umat dapat mengakses pintu masuk utama bangunan, dan juga tempat tinggal paroki, yang berakhir melintasi seluruh pusat bangunan.

Langit-langit yang besar di ruang tengah besar berfungsi menyatukan semua ruang ke interior bangunan dengan cahaya yang tinggi, kuat, dan selalu hadir.

Cahaya matahari bersinar ke kapel kebangkitan dan menciptakan analogi yang jelas dengan bagian liturgi yang mereka saksikan, menandai ruang dan menguatkan momen.

Finishing berupa kisi-kisi putih yang ramping melapisi seluruh fasad dan melembutkan volume yang keras, memberikan atmosfir spiritual, sedangkan di bagian dalam, mereka memberikan sensasi introspeksi sambil menikmati pemandangan dan cahaya.

Hasil akhirnya adalah bangunan sederhana, bersih, elegan, otentik dan hampir kasar dalam hal materialitas, yang bersamaan dengan karya volumetrik ruang angkasa, dan silang antara cahaya alami dan buatan, menghasilkan bangunan grafis yang membawa umat ke sebuah ruang yang ringan, liturgis dan ikonografi.

Proyek: PASTORAL CENTER OF MOSCAVIDE / Lokasi: Moscavide, Portugal / Arsitek: Plano Humano Arquitectos / http://planohumanoarquitectos.com/ Pedro Ferreira, Arq. e Helena Vieira, Arq. / Konsultan: GAPLR | Luis Reis, Eng / Klien: Paróquia de Santo António de Moscavide / Kontraktor Utama: Odraude / Fungsi : Rumah Ibadah  / Luas lahan: 1729m2  / Tahun: 2016 / Fotografer: João Morgado / http://www.joaomorgado.com/

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*