Breaking

Solusi Tembok Berkualitas Baik


Solusi tembok berkualitas baik amat bergantung pada jenis semen, jenis pasir, jenis air dan tentu saja cara mencampur ketiga material ini.

Semen yang popular diproduksi di tanah air adalah portland cement. Sifat semen ini amat keras. Karena bersifat keras maka pada saat plesteran dan acian dianjurkan memakai bahan pelunak semen seperti alkasit dan lateks khusus untuk semen agar proses pengeringannya merata dan sempurna. Alkasit dan lateks dibutuhkan dalam pencampuran agar tembok tidak mengalami retak retak rambut.

Untuk material pasir, jenis pasir yang baik adalah pasir yang diambil dari sungai. Pasir dari sungai biasanya secara alamiah sudah dibersihkan dari lumpur dan kotoran lainnya. Sedangkan pasir dari daratan proses pengambilannya memakai alat pompa sedot yang tentu saja bercampur dengan lumpur dan kotoran. Masalahnya pasir ini bisanya tidak dicuci dulu dan langsung digunakan, hal ini tentu saja berpengaruh pada kualitas tembok.

Solusi tembok berkualitas baik, tak lepas dari peran air. Untuk kualitas air yang dipakai untuk pencampuran adukan semen harus terhindari dari garam, logam, besi. Ingat, air yang diambil dari dalam tanah yang dekat dengan laut biasanya sudah tercemar air laut dengan kadar garam yang tinggi. Kadar garam tinggi berpotensi besar merusak lapisan cat. Untuk hasil baik, gunakan air dari pegunungan atau dari PAM.

Yang tak kalah pentingnya adalah pada saat proses pencampuran ketiga material tersebut. Tukang yang asal-asalan akan mencampur ketiga material tersebut berdasarkan perkiraan. Di samping itu, waktu pengadukan juga tidak sama. Hal ini akan tampak apabila tembok sudah kering. Akan tampak permukaan tembok ada yang berwarna abu abu tua, abu abu muda, gelap, belang belang. Pokoknya warnanya tidak sama. Pada bagian permukaan yang masih gelap berarti proses pengerasan semen belum sempurna. Ini biasanya terjadi karena kadar semen lebih banyak dan air untuk reaksi campuran tidak memadai.

Solusinya, bagian tembok yang berwarna gelap dan abu abu tua perlu dibasahi air untuk membantu proses pengerasan semen agar lebih sempurna. Tembok akan tampil maksimal apabila proses pengecatan dilakukan sampai semua permukaan tembok berwarna abu abu muda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*