Breaking

Stadion Maracanã Brazil Terbesar di Amerika Selatan


Stadion Maracanã (nama asli: Estádio Jornalista Mário Filho) merupakan stadion utama Piala Dunia FIFA 2014 yang sekarang ini disenggelarakan di Brazil. Pada awalnya, stadion ini dirancang untuk menjadi stadion terbesar di dunia. Stadion ini terletak di salah satu kota terbesar Brazil yaitu Rio de Janeiro.

2

Stadion Maracanã mulai dibangun pada tahun 1948 dan mulai dibuka pada tahun 1950. Stadion ini kemudian berganti nama padatahun 1966 sebagai penghormatan kepadajurnalis Brazil Mário Filho yang meninggal pada tahun yang sama, namun masyarakat tetapmengenal stadion tersebut sebagai Stadion Maracanã.Maracanãterletak di timur Rio de Janeiro, berjarak 5 kilometer dari pusat kota.

Stadion ini dimiliki oleh pemerintah Rio de Janeiro dan dinamakan berdasarkan sungai Rio Maracanã. Stadion Maracanã dibuka pada tahun 1950 saat Piala Dunia FIFA di Brazil, di mana Brazil dikalahkan Uruguay dengan skor 2–1.

Sejak saat itu, Stadion Maracanãsering digunakan untuk pertandingan sepakbola antar klub sepak bola besar di Rio de Janeiro juga sebagai tempat konser maupun acara olahraga lainnya.

Stadion Maracanã pernah mencapai pengunjung sebanyak 199,854 saat final Piala Dunia FIFA 1950 walau tempat duduk yang tersedia berjumlah 78,838. Lapangannya berukuran 105 m × 68 m. Maracanã merupakan stadion terbesar di Brazil dan Amerika Selatan.

Stadion Maracanã sudah berkali-kali direnovasi untuk berbagai keperluan salah satunya FIFA Confederations Cup tahun 2013, Piala Dunia 2014, serta acara pembukaan dan penutupan Summer Olympics and Paralympics pada tahun 2016.

Pada Piala Dunia 2014 ini, ada 7 pertandingan yang akan diselenggarakan di Maracanã termasuk satu perempat final dan final. Pemenang Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brazil adalah Jerman setelah menekuk kalah Argentina dengan skor 1-0.

Arsitek

Beberapa arsitek yang ikut melaksanakan proyek ini yaitu Waldir Ramos, Raphael Galvão, Miguel Feldman, Oscar Valdetaro, Pedro, Paulo B. Bastos, Orlando Azevedo, Antônio Dias Carneiro.(dikutip dari berbagai sumber)

Foto diambil dari: https://www.flickr.com/photos/cjx123/14271892256/https://www.flickr.com/photos/flores__paisagens/2975292896/

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*