Breaking

Struktur Eksperimental Ramah Lingkungan

Struktur eksperimental di Slavkov u Brna di Ceko merupakan salah satu bangunan yang dirancang oleh arsitek  Zdeněk Fránek. Yang unik pada bangunan ini, arsitek bekerjasama dengan ilmuwan untuk mengembangkan pusat pengembangan inovatif (laboratorium) dari usaha keluarga.

Bangunan ini hanya menggunakan sumber daya alam dalam pengoperasiannya, baik untuk penerangan maupun penggunaan air dengan menggunakan sistem pengolahan air secara alami.

Arsitektur bangunan menyajikan konsep dikotomi dimana menerapkan bangunan yang ramah lingkungan sekaligus meningkatkan efek visual bangunan yang tampil unik.

Memasuki bangunan yang diselimuti tanaman, serasa memasuki suatu entitas yang terhubung dengan bumi dengan pemandangan diwakili roda besar yang dipenuhi tanaman hijau.  Konstruksi di bagian dalam sama dengan struktur di luar.

Di bagian dalam bangunan, berat konstruksi bangunan ditiadakan. Yang ada hanyalah pengalaman ruang yang lega dengan pemandangan dari dalam ke luar. Bangunan ini difungsikan sebagai ruang kerja laboratorium.

Struktur bangunan terdiri dari dua volume utama. Atas tanah bagian kantor dibangun dari panel-panel CLT dengan penahan beban bantalan kayu, diisolasi dengan semprotan uap  icynene  (spray foam isolasi) yang ditutup  oleh taman-taman vertikal yang hidup. Sedangkan di bagian bawah tanah dengan ruang akustik dibangun dari beton monolitik.

Liko Noe dapat dilihat sebagai sebuah proyek yang pantas dicontoh yang mengaplikasikan  pendekatan ekologis terhadap arsitektur dan lingkungan kerja. Bangunan ini menggunakan apa yang disebut penerapan termal alami. Dimana ruang-ruang dipanaskan atau didinginkan menggunakan sumber daya alam dengan penekanan pada dampak minimal pada lingkungan.

Bangunan sengaja  dibangun di lahan basah untuk pengolahan air limbah. Baik air hujan maupun air limbah diproses berulang kali. Lapisan tanah bangunan dipanaskan melalui dinding photothermal, yang meningkatkan efisiensi pompa panas.

Pendekatan ini membuktikan, bahwa seni dan ilmu pengetahuan tidak perlu ada pendampingan, tetapi mereka dapat menyerap satu sama lain. Pada usul desain ada penentuan untuk mencakup jumlah maksimal kriteria ekologi, yang saat ini menjadi topik global untuk meminimalkan kerusakan alam.

Prinsip ekologi sekali tidak menonjol dari bangunan, tidak demonstratif. Sebaliknya ia menjadi satu dengan struktur, menjadi sangat arsitektural.

Lokasi : Liko-Noe, Slavkov u Brna, Ceko / Arsitek : Zdeněk Fránek – Fránek Architects (Brno) / http://www.franekarchitects.cz/en/ Bekerjasama dengan : Libor Musil (Liko-S), Michal Šperling, Dalibor Skácel / Budget : CZK 15 mil. Luas bangunan : 249 m2 / Building volume : 1 300 m3 / Kontraktor : Liko-s, Icynene, Novatop, Michal Šperling (constructed wetland wastewater treatment), Skanska SK (monolithic concrete), Dalibor Skácel (heat pump, ventilation, solar technology) Investor : Liko-S / Proyek :  2014–2015 / Selesai : 2015 (27 days) / Photography: BoysPlayNice / www.boysplaynice.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*