Breaking

Tata Ruang Kantor Sehat Bisa Tingkatkan Energi dan Produktivitas Kerja (Bagian 1)

Bisakah desain ruang kerja berpengaruh dalam meningkatkan  kesehatan, energi dan produktivitas kerja? Pada kantor Basel Office PwC Swiss, jawabannya bisa.

Reception

Kesejahteraaan karyawan merupakan bagian dari budaya perusahaan. Dan di kantor baru ini, owner menekankan untuk memprioritaskan penataan ruang kerja agar tercipta suasana yang kerja yang baik.

Reception

Dirancang oleh Evolution Design, biro arsitek dari Swiss yang memenenangi beberapa penghargaan, bangunan ini selesai pada tahun 2016, setiap aspek mulai dari ruang kerja, area sosial, area tim, dan ruang relaksasai berfokus pada 4 pilar kesehatan yakni  activity, attitude, rest and nutrition.

Reception

Hasilnya adalah Basel Office salah satu kantor pertama di Swiss yang menerapkan fokus empat pilar yang berfokus pada kesehatan dan kesejahterann kerja karyawan.

Reception

Tetap aktif

“Gerakan dan aktivitas penting untuk energi dan kesehatan,” kata Stefan Camenzind, Direktur Executive Evolution Design. PwC Swiss sudah menawarkan kelas seperti pilates dan yoga bagi karyawannya, sehingga kami fokus bagaimana desain tempat kerja dapat mendukung gerakan yang lebih.”

Client meeting rooms coffee point

Setelah meneliti dan berkonsultasi dengan para karyawan PwC, ada tiga kunci tipologi kerja yang sudah mapan. Pertama, Focus Space berupa area meja dimana karyawan dapat mengerjakan proyek-proyek mereka sendiri sementara masih dalam lingkungan tim.

Client meeting room creative

Kedua, Quiet Zone dimana tidak ada telepon dengan ruang-ruang pribadi dari bilik ke meja yang memungkinkan berkonsentrasi tanpa gangguan dan terhindari dari suara bising.

Client meeting room classic

Ketiga, Team Space, berupa ruang yang lebih besar dan meja besar, papan tulis, dan dinding  untuk pin dan membahas pekerjaan proyek.

Client meeting room lounge

“Duduk di meja sepanjang hari sangat tidak sehat. Lebih baik berjalan dan bergerak di area kerja dan bekerja di posisi yang berbeda. Tantangan bagi kami menciptakan ruang agar karyawan dapat bekerja dengan baik dimana orang bangun dan pindah ke area yang berbeda ketika melakukan tugas yang berbeda,” ujar Stefan Camenzind. (Bersambung)

Interior Desainer : Evolution Design Ltd (Smart Solutions For Smart Clients) / website : www.evolution-design.info / email : pr@evolution-design.info

Klien : PricewaterhouseCoopers AG, Basel, Swiss / Luas ruang : 4,300m2 / Total ruang kerja : 154 untuk 330 orang / Selesai dibangun : Juli 2016 / Photography : © Peter Wuermli /

Tim desain : Stefan Camenzind, Tanya Ruegg, Carolin Michalka, Natalia Maciejowska, Nicole Gögel, Mark Pinter

 

Work typology team

 

Work typology quiet

 

Work typology quiet

Work typology quiet

 

Evolution Design Directors

Leave a comment

Your email address will not be published.


*