Breaking

Tata Ruang Kantor Sehat Bisa Tingkatkan Energi dan Produktivitas Kerja (Bagian 2

Bisakah desain ruang kerja berpengaruh dalam meningkatkan  kesehatan, energi dan produktivitas kerja? Pada kantor Basel Office PwC Swiss, jawabannya bisa.

Coffee point exchange

Seiring dengan pemakaian kursi ergonomis dan tinggi meja yang dapat disesuaikan, setiap area juga menggunakan kursi bervariasi dengan bentuk-bentuk meja yang berbeda. Mulai dari sofa rendah dan meja-meja kopi dengan bangku-bangku yang lebih tinggi untuk meja bar yang tinggi.

Coffee point exchange

Ruang dirancang dimana orang dapat duduk dan bergerak dengan berbagai cara. Kami ingin orang menjadi lebih aktif dalam jam-jam kerja mereka namun kami tidak ingin menjadi preskriftif dalam cara mereka melakukan hal ini.

Coffee point exchange

Sikap positif

Kantor memiliki intensitas tinggi dalam kesibukan. Desain ruang kerja juga memiliki peran penting untuk bermain menciptakan pola pikir positif dan meningkatkan kesehatan mental. Di kantor PwC Swiss di Basel, Evolution Design berfokus pada pemberdayaan karyawan untuk membantu mengelola tingkat stres dan menaikkan tingkat energi.

Coffee point exchange

Ruang-ruang di kantor menawarkan berbagai pilihan tempat bekerja dan karyawan bebas memilih jenis lingkungan kerja yang paling sesuai dengan suasana hati dan tugas mereka di setiap waktu. Apakah bertemua di sebuah think tank, bekerja di bar sambil bersosialisasi, atau menggunakan telepon di ruang yang lebih tenang untuk menelepon.

Coffee point exchange

Setiap ruang dirancang dengan isyarat untuk menunjukkan penggunaannya. The Quiet Work Area. Misalnya menggunakan warna hijau dibagi untuk privasi dan mengurangi kebisingan.

Think tank discover

“Kami percaya bahwa memberdayakan orang merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi stres,” jelas Tanya Ruegg, Creative Director Evolution Design. Desain di sini adalah bagaimana membuat semuanya menjadi mudah dan menyenangkan bagi orang untuk mengerjakan tugas dengan cara yang terbaik. Ini fungsional tetapi juga emosional; orang dapat memilih dimana dan bagaimana ia bekerja.

Think tank discover

Lanjut Tanya, keterlibatan perusahaan memiliki peran besar dalam menciptakan sikap positif. Orang harus merasa bangga di tempat bekerja dan di perusahaan dimana ia bekerja.

Think tank be authentic

Evolution Design telah menggunakan warna dan alat-alat komunikasi, baik berupa fotografi maupun desain grafis untuk memastikan kantor merepresentasikan tiga dimensi inspirasi yaitu budaya, sikap, dan pola pikir dari PwC Swiss.

Think tank collaborate

Istirahat dan relaksasi

Di kantor ini desain interior menciptakan ruang khusus untuk relaksasi. Menggunakan motif alami dan bentuk-bentuk natural dengan pencahayaan yang rendah dan musik yang mendukung suasana relaksasi. Dilengkapi kursi pijat dan metro nap energy pod. Dirancang untuk pemulihan energi dengan memanfaatkan waktu untuk tidur dengan waktu sebentar.

Informal meeting space flamingo

“Ruang relaksasi termasuk bagian terpenting dalam desain kantor ini. PwC Swiss memahami bahwa tidak mungkin seseorang dalam keadaan energi penuh sepanjang waktu kerja. Itulah yang ditekankan dari pemberi tugas kepada arsitek betapa pentingnya karyawan untuk bersantai dan mengisi ulang tingkat energinya,” ujar Stefan Camenzind.

Phone booth potential

Lanjutnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan tidur siang secara signifikan meningkatkan konsentrasi. Walaupun mungkin tampak aneh sekarang untuk tidur siang di tempat kerja, namun di masa depan, orang yang tidak mengambil waktu bersantai akan dilihat tidak bertanggung jawab (Bersambung).

Personal lockers

Interior Desainer : Evolution Design Ltd (Smart Solutions For Smart Clients) / website : www.evolution-design.info / email : pr@evolution-design.info /

Klien : PricewaterhouseCoopers AG, Basel, Swiss / Luas ruang : 4,300m2 / Total ruang kerja : 154 untuk 330 orang / Selesai dibangun : Juli 2016 / Photography : © Peter Wuermli /

Tim desain : Stefan Camenzind, Tanya Ruegg, Carolin Michalka, Natalia Maciejowska, Nicole Gögel, Mark Pinter

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*